Beranda kesehatan Dinkes Harapkan Masyarakat Sukseskan Vaksin Rubela

Dinkes Harapkan Masyarakat Sukseskan Vaksin Rubela

708
0

SANGATTA (12/8-2018)
Sebanyak 103.322 anak menjadi target pemberian imunisasi campak dan rubella di Kutai Timur di bulan Agustus ini. Anak yang mendapatkan imunisasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur, Bahrani Hasanal, berusia 9 bulan hingga 15 tahun.
Kepada Suara Kutim.com dijelaskan kampanye MS Rubella, anak-anak di Kutim ditargetkan mendapat imunisasi. Ia menambahkan, pencanangan imunisasi sudah dilakukan di SMP Negeri I Sangatta Utara, Rabu (1/8) lalu dengan sasaran semua Paud, SD dan SLTP. “Bulan September dengan sasaran Posyandu, Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan fasilitas kesehatan lainnya,” beber Bahrani seraya menambahkan kampanye imunisasi sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya.
Bersama Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kutim, Yuana Srikurniawati, diungkapkan campak merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan virus. “Penyebarannya bisa melalui batuk dan bersin, dengan gejala demam tinggi, bercak kemerahan ada kulit disertai dengan batuk atau pilek, dan sangat berbahaya jika disertai diare dan minighitis bahkan bisa berakibat kematian,” ujar Yuana.
Wakil Bupati Kasmidi Bulang menghimbau masyarakat mendukung program imunisasi MS Rubella. “Program imunisasi bukanm hanya tugas Dinkes dan Puskesmas, kampanye juga merupakan tugas bersama demi kesehatan anak kita,” kata wabup.
Rubella, diakui Yuana, merupakan penyakit akut yang ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan, akan tetapi yang menjadi perhatian jika rubella menyerang kehamilan di trimester awal dapat menyebabkan abortus, kematian janin sampai kecacatan pada anak yang dilahirkan.(SK4)

Artikulli paraprakKPC Galakan Tas Blacu Untuk Kurangi Penggunaan Tas Plastik
Artikulli tjetërJamaah Haji Mulai Borong Oleh-Oleh, Tergiur Murah-Murah