Beranda hukum Dipecat, 7 Orang Mengugat Bupati Kutim

Dipecat, 7 Orang Mengugat Bupati Kutim

2322
0

SANGATTA (25/7-2019)

            Tujuh orang mantan ASN Pemkab Kutim mengugat Bupati Ismunandar karena dipecat dengan tidak hormat hanya berdasarkan SKB Mendagri, KPK, serta Menpan sementara mereka menjalani hukuman bandan termasuk denda.

Gugatanya disampaikan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Samarinda, 2 sudah dinyatakan ditolak sementara yang lain masih berlangsung persidangannya.

 Kepala Bagian (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKD) Kutai Timur, Misliansyah, menyebutkan 7 yang mengugat  karena dinilai telah mendiskriminasi ASN yang pernah terlibat kasus korupsi. “Mereka mengaku  telah menjalani seluruh proses putusan pengadilan, yang dianggap sudah cukup berat sebagai beban mental dan moral mereka,” terangnya.

Dari,  7 yang menggugat  dua orang diantaranya telah ada putusannya dimana gugatan ditolak, sementara  5 orang lainnya hingga saat ini masih menjalani proses di PTUN Samarinda. “Gugatan yang lima orang masih bergulir di PTUN Samarinda,” terangnya.

Sebelumnya, kepada wartawan, Bupati Ismunandar mengaku berat menerbitkan  SK pemecatan terhadap ASN Kutim yang berstatus sebagai napi koruptor, pertimbangannya  rasa kemanusiaan karena yang bersangkutan sudah menjalani masa hukuman dan tahanan di penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Namun dengan adanya Surat Keputusan Bersama (SKB) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Pemberdayaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN&RB), Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setiap ASN yang terlibat korupsi,  wajib diberhentikan tidak dengan hormat atau dipecat.

“Jika tidak dilakukan, konsekwensinya kepala daerah akan mendapatkan teguran, bahkan mendapatkan hukuman dari Kemendagri karena dianggap mendukung korupsi. Sementara jika ada mantan ASN yang keberatan, dipersilahkan untuk menggugat Pemkab Kutim melalui PTUN,” kata Ismu.(SK2)

Artikulli paraprakPerkebunan Belum Berikan Apa-Apa Bagi Kutim
Artikulli tjetërWabup Dukung Satpol-PP Tertibkan Bangunan Liar