Beranda kesehatan Diskes Terus Benahi Fasilitas Puskesmas

Diskes Terus Benahi Fasilitas Puskesmas

1147
0
SANGATTA,Suara Kutim.
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim  berusaha menunjang  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baik puskesmas induk maupun puskesmas pembantu (Pusban). Pembenahan dimulai dari penyediaan fasilitas medis seperti pada gawat darurat, termasuk penyediaan   ambulance hingga pembenahan pengelolaan manajemen.
Kepala Dinas Kesehatan Kutim Aisyah, menyebutkan pembenahan  agar masyarakat dapat terlayani maksimal sesuai dengan standar minimal pelayanan kesehatan. Kepada wartawan, ia menyebutkan Puskesmas  harus menjangkau langsung masyarakat pelosok karenanya harus dilengkapi   fasilitasnya meski tidak setara dengan RSU Type D atau C. “Terpenting bagaimana ada  unit gawat darurat sebelum akhirnya warga yang mengalami sakit harus dirujuk,” terang Aisyah.

Aisyah mengakui  sudah memiliki roadmaap agar seluruh puskesmas berakreditasi. Disebutkan, konsep itu sudah dilakukan sejak tahun 2012 hingga tahun 2019 mendatang. “Tahun depan akan ada lima  puskesmas induk  yang akan digodok akreditasinya seperti  Bengalon, Sangatta Selatan dan Utara, Teluk Lingga dan PRantau Pulung,” ujar  Aisyah  seraya berharap  terakreditasinya 5 Puskesmas Induk bisa diikuti ouskesmas lainnya.(SK-03)
Artikulli paraprakBMKG Pasang Pemantau Gempa Bumi
Artikulli tjetërAnggaran BBM Listrik Pemkab Capai Rp28 M