Beranda kutim Dispenda Segera Revisi Tarif PBB

Dispenda Segera Revisi Tarif PBB

1289
0
Arena Pelayanan Bagi Wajib Pajak oleh Dispenda Kutim

SANGATTA,Suara Kutim.com
     Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutim dalam tahun ini punya gawe berat seirama dengan pemberlakukaan UU No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi termasuk PBB yang menjadi kewenangan daerah. “Karena kewenangan itu ada di Pemkan, maka Pemkab akan melakukan penyesuaian nilai pajak terhadap objek pajak, terutama pajak tanah dan bangunan dalam kota, yang dipastikan telah meningkat nilainya dibanding dengan pajak sebelumnya, “terang Kepala Dinas Pendapatan Daerah Yulianti.
Didampingi Kabid Pajak dan Retribusi Daerah Musyafa, dijelaskan  pelimpahan pajak sektor perkotaan ke daerah karena objek pajak  cepat naik terutama di perkotaan. Disisi lain, diakui  petugas pajak  terbatas sehingga kesulitan untuk melakukan penyesuaian pajak terhadap objek pajak terutama tanah dan bangunan. “Walaupun  ada penyesuaian  tidak akan terlalu banyak, tapi  kami juga belum pastikan berapa persen kenaikannya yang jelas, akan ada penyesuaian setelah launching,” sebut Yulianti.
            PBB sektor perkotaan kini  menjadi hak Pemkab, karenya diharapkan akan meningkatkan pendapatan asli daerah. Yulianti mengakui, selama ini Pemkab hanya mendapat bagi hasil. Kepada Suara Kutim.com, diakui  mensukseskan Dispenda telah melakukan pelatihan bagi petugas pajak yang kelak akan bertugas sampai pelosok desa.  “Mereka dilatih agar lebih trampil dan mampu melakukan validasi serta tidak tumpang tindih,” tegasnya seraya menyebutkan data yang Dispenda Kutim terima masih data lama yang hanya meliputi lima kecamatan.(SK-02)
Artikulli paraprakUnesco Akui Gua Purbakala di Bengalon
Artikulli tjetër2 Oknum Guru Ngaku Palsukan SK