Beranda ekonomi Disperindag Bimbing UKM dan PKL Buat Produk Aman dan Halal

Disperindag Bimbing UKM dan PKL Buat Produk Aman dan Halal

1061
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
       Dinas Perindag Kutim segera menerapkan pelabelan dan sertifikat halal terhadap produk makanan dan minuman yang dibuat Pedagang Kali Lima (PKL) termasuk pedagang UKM. Menurut Kadis Perindag, Irawansyah, pemberian label tidak saja sekedar memberikan stiker semata tetapi harus melalui proses termasuk pemeriksaan mutu produk. “Penerapan sertifikat dan  label halal sudah  dilakukan sejak tahun lalu,” ujar Irawansyah.
Disebutkan, instansinya sekarang ini  fokus pada  pemberian sertifikat dan label halal bagi pedagang makan keliling dan kaki lima  karena bersentuhan dengan masyarakat menengah ke bawah. “Pengawasan dilakukan guna  melindungi masyarakat dari oknum yang dengan sengaja  mencampurkan makanan bahan yang tidak halal atau membahayakan kesehatan,” sebut Irawansyah.
Kepada Suara Kutim.com, ia menyebutkan, dikalangan anak-anak soal mutu dan kesehatan kerap diabaikan jika membeli makanan ringan, termasuk soal kehalalan suatu produk.  “Makan daging ayam itu sah-sah saja, tetapi jika cara menyembelihnya salah seperti diajarkan Islam tentu bermasalah belum lagi penggunaan bahan pengawet yang dapat merusak organ tubuh manusia,” beber Irawansyah.
Kepada masyarakat, Irawan mengimbau tidak segan-segan melaporkan kepada aparat hukum jika menemukan oknum penjual makanan atau minuman berbuat curang. Namun, ia mengimbau laporan jangan fitnah karena ada persaingan usaha. “Setiap laporan tentu akan ditindaklanjuti melalui investigasi karena pembuktian harus dilakukan dengan cara yang ada seperti mengetes mutu bahan yang digunakan,” pesan mantan Sekwan Kutim ini.(SK-03)

Artikulli paraprakTC Porprov Terganggu Status KONI
Artikulli tjetërNanti Malam, Jamaah Haji Kutim ke Balikpapan