Beranda ekonomi Distan Bagikan Ratusan Unit Alsintan Bernilai Miliaran Rupiah

Distan Bagikan Ratusan Unit Alsintan Bernilai Miliaran Rupiah

0
Bupati Kutim Ismunandar ketika menyerahkan alat pertanian kepada kelompok tani.

Loading

SANGATTA (16/12-2017)
Ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berbagai jenis, dibagikan Dinas Pertanian Kutim kepada kelompok tani, Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) kecamatan, serta lembaga Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita).
Alsintan yang dibagikan, kata Kepala Seksi Pembiayaan Dan Alsin Distan Kutim, Rofiqoh Istiharoh, bernilai milyaran rupiah yang dananya dari APBN, APBD Kaltim dan APBD Kutim. Kepada Suara Kutim.com. dijelaskan alsintan masuk dalam bantuan pemerintah yang dianggarkan anggaran 2017.
Diakui Rofiqoh, tidak semua kelompok tani mendapatkan bantuan alsintan namun didahulukan kelompok tani yang masuk dalam program desa membangun. Ia menerangkan, alsintan yang dibagikan berupa hand traktor, perontok padi, gilingan padi, alkon, alat angkut roda 3, trans planter, pompa air, hand prayer.
“Pembagian disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tani dan kondisi di lapangan. sehingga tidak menutup kemungkinan, apa yang diminta kelompok tani tersebut kemudian tidak dipenuhi karena ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan sebenarnya, sehingga alsintan yang ada kemudian dialihkan kepada kelompok tani lainnya yang lebih membutuhkan,” bebernya.
Rofiqoh mengungkapkan, program bantuan alsintan terus diupayakan setiap tahunnya karena pemerintah pusat hingga daerah sedang gencar-gencarnya mendorong pertumbuhan pada sektor pertanian. “Diharapkan, adanya alsintan petani semakin giat menggarap lahannya,” imbuhnya seraya berharap dalam beberapa bulan kedepan produksi pertanian di Kutim meningkat.(SK3)