Beranda hukum DPRD Siapkan Dana Untuk Pembangunan di TNK

DPRD Siapkan Dana Untuk Pembangunan di TNK

1159
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
Ketua DPRD Kutim sementara Kasmidi Bulang menyatakan  tahun 2015, DPRD sudah menyiapkan anggaran pembangunan  untuk Sangatta Selatan dan  Teluk Pandan yang kini termasuk dalam  areal  Taman Nasional Kutai (TNK).  Penyiapan anggaran itu dilakukan karena  DPR RI, telah menyepakati enclave 7.800 Ha kawasan TNK, yang kini sudah jadi pemukiman. “Beberapa tahun lalu melalui dana aspirasi  disiapkan  anggaran untuk pembangunan fisik di Sangatta Selatan dan Teluk Pandan, namun dana itu tidak dapat digunakan karena  diprotes TNK,” kata Kasmidi, dalam pertemuan bertajuk silaturahmi dengan pihak PT Pertamina dengan DPRD Kutim.
Dalam pertamuan di  Gedung Pertemuan PT Pertamina  di Sangkima, Sangatta Selatan,  itu dijelaskan kendala yang dihadapi pemkab dan dprd untuk mengalokasikan dana pembangunan. Meskipun  APBD sudah dapat digunakan untuk pembangunan di daerah TNk yang sudah di enclave, namun  Kasmidi menerangkan pengalokasiannya  tetap terbatas.
            Kasmidi berharap  pemerintah dan Pertamina berbagi tugas mebenahi Sangatta Selatan dan Teluk Pandan, yang selama ini tidak dapat dibangun menggunakan APBD.  Diakui Kasmidi,  sejak dia masih kecil, jalan dan penerangan di areal  PT Pertamina terutama  pemukiman masyarakat tidak pernah berubah.  “Dengan dienclav beberapa areal alokasi ini maka pemerintah dan Pertamina melalui CSR-nya bisa bersama-sama membangun areal sekitar PT Pertamina terutama  fasilitas umum karena di Sangatta Selatan ini  banyak aset yang perlu dibanghun seperti  bandara dan jalan termasuk fasilitas kebutuhan masyarakat,” sebut Kasmidi.
Manager Pertamina Ep sangatta Abdul Muhar mengakui asset   yang ada antara lain bandara,   telah dihibahkan Pertamina ke Kementerian Keuangan, bahkan sudah dilimpahkan  kementerian keuangan ke Pemkab Kutim. Ia mengakui, hibah bandara itu juga diprotes  Balai TNK  karena mereka menganggap itu areal TNK yang seharusnya di kembalikan  Balai TNK . “Demikian ketika Pertamina menyempurnakan jalan yang ada dengan cor semen, karenanya  Pertamina tidak mampu berbuat banyak dengan jalan-jalan utama di areal TNK  meskipun masuk lingkungan PT Pertamina,” ungkap Muhar.
Menyinggung lampu penerangan jalan umum,  dijelaskan  Pertamina  telah  memberikan bantuan  genset  kepada  masyarakat,  dengan catata  masyarakat  yang mengelola termasuk memnyediakan BBM  karena Pertamina tentu tidak sangggup membiayai secara rutin. “Syukur masyarakat memahami sehingga kini tetap berlanjut,” sebut Muhar.(SK-02)

   
Artikulli paraprakRatusan Orang Hantar Jenazah Dela ke Pemakaman
Artikulli tjetërNgaku Terhimpit Ekonomi, SH Jualan SS