Beranda hukum Dukcapil Serahkan Data KTP elektronika dan Suket ke KPU Serta Panwaslu

Dukcapil Serahkan Data KTP elektronika dan Suket ke KPU Serta Panwaslu

821
0

SANGATTA (26/6-2018)
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kutai Timur (Kutim) telah menerbitkan 38.700 Surat Keterangan (Suket) dan yang telah menjadi KTP Elektronika sebanyak 27 ribu, sisanya 11.700 masih belum di tukar.

Kadis Dukcapil Kutim memperlihatkan KTP asli dan cara mengeceknya.
Kepala Dinas Dukcapil Januar dalam Rakor KPU menjelang pemungutan suara Pilkada Kaltim, Selasa (26/6) menerangkan, untuk membantu KPU dan Panwaslu mereka akan menstand bykan petugas yang bisa memberikan informasi terkait validitas pemilik KTP atau Suket.
Dihadapan Panwaslu dan masing-masing LO Paslon, Januar memberikan cara mengetahui KTP atau Suket asli atau tidak. Bahkan, ia menyebutkan melalui hand phone yang punya program bisa dilakukan pengecekan KTP elektronika. “Pada KTP elektronika perhatikan hologramnya pada bagian belakang, kemudian di bagian depan tertera nama daerah serta kode NIK,” terang Januar.
Untuk lebih memudahkan, ia menambahkan Dukcapil akan meminjamkan alat scaner pengecek KTP elektronika kepada KPU selain itu membuka pelayanan informasi selama pemungutan berlangsung. Dalam rapat yang dipimpin Ketua KPU Kutim Fahmi Idris, pihak Dukcapil Kutim menyerahkan data pemegang KTP elektronika dan Suket ke KPU serta Panwaslu. “Dengan data itu, tinggal buka saja semua lengkap nama dan alamat serta nomor, nah untuk Suket saat ini tidak ada lagi yang tulis tangan semua tercetak dengan komputer disertai foto pemegang Suket,” beber Januar.
Ketua KPU Kutim Fahmi Idris menerangkan data KTP dan Suket yang diberikan Dukcapil segera dikirim ke PPK untuk menjadi peganganya jika pihak KPPS menemukan keraguan terhadap data pemilih. (SK12)

Artikulli paraprakPanwaslu 24 Jam Beroperasi, Sasar Daerah Rawan Pelanggaran
Artikulli tjetër120 Prajurit TNI Disiapkan Untuk Pengamanan Pilkada Kaltim di Kutim