Beranda kutim Dukcapil Tingkatkan Layanan

Dukcapil Tingkatkan Layanan

1070
0

SANGATTA (21/8-2018)
Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menerapkan layanan dokumen kependudukan gratis dan terintegrasi. Demikian dikatakan Kadisdukcapil Kutim Januar Herlian PLA. “Kami sudah terapkan layanan gratis dukumen kependudukan dan terintegrasi. Bahkan layanan terintegrasi ini telah kami berikan jauh sebelum ada perintah dari pusat, tepatnya sejak saya jadi Kadisdukcapil,” katanya.
Disebutkan, layanan ini adalah memberi kemudahan kepada penduduk untuk mendapatkan beberapa dokumen kependudukan sekaligus dalam satu kali pengajuan, bahkan tanpa diminta masyarakat seperti pernikahan, maka saat suami – istri ini mengajukan pencatatan pernikahan, maka dalam hal ini banyak produk yang akan dibuat langsung mendapat Kartu keluarga , KTP baru, karena perubahan status dari belum kawin menjadi kawin, termasuk perubahan kartu keluarga dari orang tua kedua belah pihak, serta perubahan alamat kedua pasangan suami istri.
“Pelayanan integrasi, maka semua akan dilakukan perubahan, tanpa diminta oleh keduanya. Karena itu, syaratnya, saat menyerahkan berkas, kartu keluarga orang tua harus disertakan, agar juga langsung dirubah,” katanya.
jadi tidak perlu melakukan perobahan satu persatu. Misalnya, perubahan KTP, karena status, perubahan KTP karena alamat berubah, perubahan KK orangtua karena ada yang keluar karena menika, sebab sudah punya KK sendiri, atau perubahan KTP, karena pindah, setelah nikah. Sebab, asalkan menyertakan alamat baru, berdasarkan keterangan RT, saat mengurus akta nikah, maka otomtis kami akan robah semua. Ini yang disebut pelayanan terintegrasi, dan semua ini dilakukan dengan gratis,” katanya.
Dengan layanan terintegrasi, kata Januar, masyarakat akan mendapatkan pelayanan maksimal, dalam waktu yang singkat. Di Disdukcapil Kutim ini, semua itu, bisa dilakukan cepat. Kalau perlu, sehari bisa jadi semua, meskipun pada dasarnya, SOP di seluruh Indonesia, pelayanan itu masih sekitar 14 hari. Tapi Capil Kutim, bisa berikan lebih cepat, dengan catatan alat semua tersedia, seperti tinta, blangko KTP, maka itu bisa dilakukan dalam sehari.“Prinsipnya, kalau memang bisa dilakukan dengan cepat, mengapa lambat. Inilah inovasih kami dalam pelayanan,” kata Januar. (SK2)

Artikulli paraprakJalan Kaki Dari Arafah, Subuh Sudah Melontar Jumrah Aqobah
Artikulli tjetërUsai Melontar, Ratusan Jamaah Tersesat di Mina