Beranda foto Gelar Pelatihan Jurnalistik – PWI Kutim Kenalkan Dunia Jurnalistik kepada Mahasiswa Sangatta

Gelar Pelatihan Jurnalistik – PWI Kutim Kenalkan Dunia Jurnalistik kepada Mahasiswa Sangatta

466
0
Irfan Nur Aditama, saat memberikan materi teknik dasar fotografi dalam kegiatan pelatihan jurnalistik yang digagas PWI Kutim bagi mahasiswa, Selasa (18/10/2022)

SuaraKutim.com, Sangatta — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kutai Timur menggelar pelatihan jurnalistik bagi organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang ada di Kota Sangatta. Kegiatan yang digelar selama dua hari, 17-18 Oktober 2022 di Rumah Lamin Taman Venus Bukit Pelangi, diikuti secara antusias oleh puluhan mahasiswa dari sejumlah organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan.

Ketua PWI Kutim, Ibnu Djuraid menyebutkan jika pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan ini untuk memperkenalkan dunia jurnalistik beserta dasar-dasarnya kepada mahasiswa.

“Kita ingin mereka (peserta, red) bisa mengenal bagaimana dunia kewartawanan atau jurnalistik tersebut. Kita berikan pembekalan dasar-dasar ilmu jurnalistik. Minimal bisa menjadi bekal mereka jika ingin membentuk organisasi atau lembaga pers di kampus masing-masing,” ujar Ibnu, Sangatta (18/10/2022).

Dalam pelatihan kali ini, peserta mendapatkan pembekalan terkait dasar reportase atau wawancara, teknik penulisan berita, teknik dasar fotografi hingga yang materi terpenting, yakni kode etik jurnalistik (KEJ).

“Kami menargetkan pelatihan ini bisa berkesinambungan. Bahkan dalam waktu dekat, PWI Kutim juga akan menggelar jurnalis road to campus dan road to school. Jadi kami ingin ada kedekatan antara dunia wartawan dengan pelajar dan mahasiswa,” tambah Sekretaris PWI Kutim, Wardi sekaligus ketua pelaksana kegiatan.

Ditambahkan Wardi, pelatihan jurnalistik yang digelar saat ini merupakan salah satu dari rangkaian memperingati hari jadi PWI Kutim yang ke-5 di tahun ini. Sebelumnya, PWI Kutim juga ikut ambil bagian dalam pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan bekerjasama dengan Kodim 0909 Kutai Timur kepada Kelompok Karang Taruna di Dusun Masabang Ulu Desa Sangatta Selatan, berupa pemberian bantuan kolam terpal dan bibit ikan air tawar sebanyak lima ribu bibit ikan lele.(Red/SK-1/SK-5)

Artikulli paraprakKoalisi Masyarakat Sipil Tuntut Pemkab Kutim Selesaikan Masalah Warga
Artikulli tjetërKomitmen ESG, Pertamina Hulu Energi Tandatangani Perjanjian Karbon Kredit