Beranda kutim adv pemkab Hari Ini Tambah 6 Orang, Jumlah Pasien COVID-19 Sembuh di Kutim Kini...

Hari Ini Tambah 6 Orang, Jumlah Pasien COVID-19 Sembuh di Kutim Kini 16 Orang

351
0

Sangatta (29/5-2020)

Angka grafik kesembuhan pada pasien pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam beberapa pekan terakhir, terus mengalami peningkatan. Setelah, Kamis (28/5) kemarin, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kutim melalui Dinas kesehatan (Dinkes) Kutim merilis kesembuhan pasien COVID-19 asal Kutim yakni KTM-31, hari ini, Dinas Kesehatan Kutim kembali merilis 6 orang pasien COVID-19 asal Kutim yang kembali dinyatakan sembuh dan diperkenankan untuk pulang. Adalah pasien KTM-8, KTM-10, KTM-18, KTM-21, KTM-26 dan pasien KTM-34. Demikian disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani Hasanal kepada media, Jum’at (29/5).

Kadinkes Kutim, Bahrani Hasanal

“Alhamdulillah, hari ini kembali ada enam orang pasien COVID-19 dari Kutim yang dinyatakan sembuh dan sudah diperkenan pulang. Ditambah yang kemarin (KTM-31), jumlahnya ada 7 orang. Jadi total hingga saat ini yang sembuh di Kutim sebanyak 16 orang. Semoga pasien-pasien yang lain juga ikut menyusul sembuh,” ujar Bahrani.

Dijelaskan, untuk KTM-8, pasien perempuan berusia 23 tahun, KTM-18, juga merupakan pasien perempuan 44 tahun dan KTM-21, merupakan pasien laki – laki berumur 26 tahun. Kemudian KTM-26, merupakan pasien perempuan berumur 49 tahun dan pasien KTM-34, merupakan laki-laki berumur 57 tahun. Kelima pasien tersebut merupakan kasus COVID-19 yang terkonfirmasi tracing atau penelusuran dari Cluster Gowa, yang dinyatakan sembuh setelah dari hasil swab dua kali beturut-turut dinyatakan hasilnya negatif.

“Ada lima pasien sembuh yang merupakan hasil penelusuran cluster Gowa. Yakni KTM-8, KTM-18, KTM-21, KTM-26 dan KTM-34. Kelima pasien ini dinyatakan sembuh setelah sebelumnya dilakukan dua kali pengambilan swab, dan hasil keduanya dinyatakan negatif COVID-19,” jelas Bahrani.

Sementara itu, pasien keenam yang hari ini dinyatakan sembuh adalah KTM-10, merupakan pasien laki-laki berumur 59 tahun. Merupakan pelaku perjalanan dari Pare-pare. Dari hasil pemeriksaan swab dua kali berturut-turut, juga hasilnya dinyatakan negatif COVID-19. Terkait kesembuhan pasien KTM-31 yang tidak masuk dalam rekapan data pasien sembuh pada Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Bahrani menyebutkan jika data kesembuhan pasien KTM-31 akan terekap bersama-sama dengan keenam pasien sembuh dari Kutim hari ini. Namun hal tersebut dianggap bukan menjadi masalah yang berarti, karena hanya merupakan data pelaporan angka saja. Sementara yang terpenting adalah proses kesembuhan pasien di daerah masing-masing.

“Klo untuk KTM-10, merupakan pelaku perjalanan dari Pare-pare. Sama seperti kelima pasen sembuh lainnya, pasien KTM-10 juga sudah dua kali diambil pemeriksaan swab dan hasil keduanya dinyakatakn negatif COVID-19. Sementara untuk pasien KTM-31, sepertinya juga baru akan diumumkan hari ini bersama-sama dengan keenam pasien sembuh dari Kutim, yang akan dirilis hari ini juga oleh Gugus Tugas COVID-19 Kaltim. Tetapi tidak masalah, wajar saja jika dalam penyampaian data laporan ke provinsi terjadi error. Namun yang terpenting adalah bagaimana proses penyembuhan di daerah-masing-masing,” ujar Bahrani.(Adv-Kominfo)

Artikulli paraprakHari ini Se Kaltim Korban Corona Bertambah 4 Orang, Sembuh 9 dan Negatif 6 Orang
Artikulli tjetërPWI Juga Kecaman Aksi Pengancaman Wartawan Detik.com