Beranda kutim Hilal Tak Terlihat, Awal Puasa Ramadhan Ditetapkan Kamis Lusa

Hilal Tak Terlihat, Awal Puasa Ramadhan Ditetapkan Kamis Lusa

634
0

SANGATTA (15/5-2018)
Pemerintah akhirnya menetapkan awal puasa Ramadhan tahun 2018 atau 1439 Hijriah, dimulai Kamis (17/5). Penetapan awal Ramadhan itu, kata Kepala Kantor Kemenag Kutim, Ambotang, setelah dilakukan pengamatan hilal atau bulan baru tidak terlihat.
Berdasarkan sidang isbat di Kementrian Agama, ujar Ambotang, 1 Ramadan 1439 disepakati Kamis lusa. Ia menyebutkan, Sidang isbat yang hasilnya diumumkan Menteri Agama dihadiri diikuti perwakilan organisasi masyarakat Islam dan kedutaan besar negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar astronomi dari ormas-ormas Islam, serta pejabat eselon I dan II Kemenag dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.
Terkait pengamatan hilal yang dilakukan Selasa petang di Masjid Agung Al-Faruq diakui tim tidak menemukan tanda. Sehingga, disepakati puasa pada Kamis lusa.
Tentang Kamis merupakan awal Ramadhan tahun 2018, sebelumnya sudah diumumkan PP Muhamadiyah. Dalam itu, juga ditetapkan 1 Syawal 1439 H dan Haria Raya Idul Adha. (SK12)

Artikulli paraprakBoy Keberatan, Pembelaan Disampaikan Tertulis ke Majelis Hakim
Artikulli tjetërPembunuh Ladies Cafe Gendis Menangis Minta Keringanan Hukuman