Beranda kutim Hujan Warnai Pemungutan Suara Pilkada Kaltim di Kutim

Hujan Warnai Pemungutan Suara Pilkada Kaltim di Kutim

780
0

SANGATTA (27/6-2018)
Ratusan warga Kutim yang punya hak memilih pada Pilkada Kaltim Tahun 2018, hari ini memberikan suaranya di bilik suara pada 685 TPSTempat Pemungutan Suara (TPS). Sayangnya saat kotak suara mulai di buka KPPS, hujan melanda.
Informasi yang diperoleh Suara Kutim.com hujan terjadi di Sangatta, Bengalon, Teluk Pandan, Rantau Pulung. Kondisi ini dikhawatirkan berdampak terhadap partisipasi masyarakat pada Pilkada Kaltim yang diikuti 4 pasangan calon.
Pengamatan Suara Kutim.com meski hujan melanda, 201 TPS tepat pukul 07.00 Wita mulai dibuka diawali dengan pengambilan sumpah anggota KPPS oleh ketua KPPS, kemudian pembukaan kota suara yang berisikan sejumlah logistik Pilkada Kaltim seperti paku sebagai alat pencoblos, bantalan, tinta jari, serta surat suara.
Logistik yang dikeluarkan dari kota ini, dicek KPPS bersama disaksikan masing-masing saksi Paslon, Pengawas TPS serta pemilih. Setelah semua lengkap sesuai data, langsung dilakukan pemanggilan pemilih oleh petugas data yang diteruskan menerima surat suara dari Ketua KPPS.
Namun pada awal jam TPS buka, tak banyak warga yang datang bahkan hanya ada 2 orang pemilih. Belum banyaknya warga yang datang ke TPS, diduga karena hujan dan sebagian pemilih pria masih tidur karena sebelumnya nonton pertandingan sepak bola piala dunia. “Tadi malam nonton sepak bola, takut ketiduran ya coblos aja pagi-pagi meski hujan dan belum mandi,” aku Agus warga Sangatta Utara.
Agus membenarkan sebagian rekannya masih tertidur setelah nonton sepak bola, sementara pemilih perempuan yang berhasil ditemui Suara Kutim.com mengaku baru bisa memberikan suara setelah beres-beres rumah. “Mau saja pagi-pagi, tapi hujan dan kebetulan hujan juga,” kata Ria – warga Margo Santoso Sangatta Utara.
Catatan Suara Kutim.com, warga Kutim yang terdata pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kaltim sebanyak 214.348 orang, terbanyak di Sangatta Utara sehingga disediakan 201 TPS.(SK2/SK3/SK11/SK12)

Artikulli paraprakKPU Bakar 885 Surat Suara Pilkada Kaltim
Artikulli tjetërHujan-Hujan Bupati Ismu dan Keluarga Datangi TPS 33 Sangatta Utara