Beranda ekonomi Ijin Menhut Dinantikan, Proyek Manubar – Tj Mangkaliat Terhenti

Ijin Menhut Dinantikan, Proyek Manubar – Tj Mangkaliat Terhenti

2352
0

SANGATTA,Suara Kutim.com
aswanKepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur (Kutim) Aswandini Eka Tirta menerangkan alokasi anggaran instansinya tahun 2015 mencapai Rp 655 millar, turun Rp200 M dari tahun 2014 lalu. “Anggaran itu, sudah termasuk untuk pembayaran proyek tahun jamak,” jelasnya.
Dikatakan, anggaran terbesar dari seluruh SKPD itu dialokasikan untuk bidang Bina Marga Rp266 milliar, Cipta Karya Rp213 milliar, Pengairan Rp 36 miliiar, pemadam kebakaran dan UPTD Kebersihan sebesar Rp17 milliar.
Karena keterbatasan anggaran, Aswan menyebutkan untuk pembangunan Puskesmas tidak ada meski sejumlah usulan kecamatan telah diterima saat berlangsung Rakorbang. “Jangankan rumah sakit, untuk puskesmas saja tidak ada meski usulan sudah diterima,” akunya.
Terhadap proyek jalan antara Manubar ke Tanjung Mangkaliat, dijelaskan masih meminta izin pinjam pakai lahan hutan produksi atau Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) ke Kementerian Kehutanan (Kemenhut namun belum mebuahkan hasil.
Karena itu, ujar Aswan, PU mencari jalur jalan alternatif agar pembangunan jalan Manubar ke Tanjung Mangkaliat sepanjang 100 Km yang melintasi hutan KBK sepanjang 600 mete bisa dihindari agar proyek berjalan. “Kalau dihitung, panjang jalan yang masuk KBK hanya sekitar 600 meter, tapi karena tidak ada izin dari Kemenhut, karena itu proyek untuk sementara belum dikerjakan. Karena tidak mungkin dikerjakan sepotong-potong,” jelasnya.(SK-02)

Artikulli paraprakMahyudin : Wajar Kaltim Menuntut Otsus
Artikulli tjetërLimbah Pabrik CPO Masuk Sungai, Warga Kaubun Merana