Beranda ekonomi Ismu Harapkan Pemilik Kebun Kelapa Sawit Bangun Pabrik Minyak Makan di Kutim

Ismu Harapkan Pemilik Kebun Kelapa Sawit Bangun Pabrik Minyak Makan di Kutim

0

Loading

SANGATTA (23/7-2017)
Bupati Kutim Ismunandar berharap dalam beberapa tahun kedepan Kutim tidak lagi sebagai pengekspor CPO tetapi mampu mengolah CPO menjadi produk hilir lainnya seperti minyak goreng, sabun dan parfum.
Kepada Suara Kutim.com belum lama ini, Ismu menyebutkan produksi CPO Kutim terus mengalami peningkatan seirama mulai berdirinya pabrik CPO. “Hasilnya masih CPO, belum ada yang membuat produk lainnya seperti minyak goreng. Selama ini CPO di kirim ke Jawa Timur, kemudian diolah minyak goreng dan dijual di Kutim. Kedepan pabrik minyak goreng bisa dibangun di Kutim, karena banyak manfaatnya seperti terbukanya lapangan kerja serta menekan harga jual minyak goreng selama ini,” ungkapnya.
Ismu mengakui produksi CPO di Kutim terus berkembang seirama berkembangnya luasan kebun kelapa sawit. Ia menilai, kehadiran perkebunan kelapa sawit telah memberi warna tersendiri bagi Kutim terutama dalam peningkatan kesejahteraan. “Kita tidak bisa pungkiri, semenjak perkebunan kelapa sawit berkembang berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat , kecamatan-kecamatan yang dulunya redup kini cerah,” aku Ismu seraya menyebutkan perkembangan ekonomi masyarakat sejumlah kecamatan.
Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini, optimis kesejahteran rakyat Kutim meningkat lagi jika pabrik lain berdiri di Kutim selain CPO. Ismu menyatakan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemilik kebun dan pabrik CPO, agar bisa membangun pabrik minyak makan di Kutim. “Jika di Kutim ada 10 pabrik kelapa sawit, bisa dibayangkan setidaknya ada 4.000 tenaga kerja yang terserap, karena satu pabrik minyak goreng bisa menyerap tenaga kerja hingga 400 orang,” bebernya.(SK12)