Beranda kutim adv pemkab Ismu : Pembangunan Pabrik CPO Harus Ada Komitmen Bersama

Ismu : Pembangunan Pabrik CPO Harus Ada Komitmen Bersama

606
0

SANGATTA (2/4-2019)

 Keinginan masyarakat agar Pemkab  Kutai Timur membangun pabrik pengolahan minyak mentah sawit atau Crude Palm Oil (CPO) di Kutim, menurut Bupati  Ismunandar bukanlah hal yang sulit. Hanya saja dirinya terlebih dahulu meminta komitmen dari semua pihak akan   keberlangsungan pabrik.

“Komitemen itu, ujar Ismu, tidak saja  kalangan pengusaha maupun masyarakat atau petani teta[I elemen lainnya, sehingga pabrik terus beraktifitas dan memberi arti bagi daerah,” kata Ismu terkait wacana  pendirian pabrik CPO berskala besar di Kutim.

Dikatakan, saat ini Pemkab Kutim terus melakukan kajian terkait wacana pendirian pabrik CPO berskala besar di Kutim. Hanya saja, Ismu meminta sebelum pabrik tersebut dibangun, harus terlebih dahulu ada kepastian pasokan, berapa jumlah tandan buah segar (TBS) sawit yang bisa dikelola.

“Harus ada kejelasan berapa ribu hektar dan TBS sawit dari tanaman rakyat yang bisa ditampung oleh pabrik. Selain itu, juga harus ada kesungguhan dari pihak petani  terkait kesiapan memasok TBS ke pabrik. Jangan sampai saat kesusahan akibat tidak ada yang mau menampung TBS, berteriak agar dibangunkan pabrik. Namun saat sudah berdiri pabrik CPO, malah ditinggalkan,”|sebut Ismu.

Disebutkan,  kunci dari keberhasilan usaha adalah harus ada komitmen dari semua pihak, baik dari pihak pengusaha yang akan mendirikan pabrik CPO, maupun masyarakat sebagai petani sawit mandiri. Komitmen ini harus sama-sama dipegang, agar terbangun dan terjaga iklim investasi di Kutim. (ADV-Humas Setkab Kutim)

Artikulli paraprakTitiek Ajak Masyarakat Indonesia Kembali Memasyarakatan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat
Artikulli tjetërAPBD Kutim Dipangkas Rp300 M