Beranda hukum Isran Inginkan Lapas Luas Agar Memudahkan Pembinaan

Isran Inginkan Lapas Luas Agar Memudahkan Pembinaan

428
0

SAMARINDA (21/8-2020)

Gubernur Kaltim  Isran Noor  berencan mendukung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia  Kaltim dalam membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan kapasitas lebih besar namun harus  mempersiapkan lahan.

 “ Insya  Allah,  kita akan mempersiapkan lahannya dulu,  setelah itu kita  berkordinasi  bagaimana  cara membangunnya,” kata Isran Noor.

Terkait over kapasitas  Lapas   di Kaltim sampai  323 persen lebih ,  diakuinya  untuk  pengembangan pembangunan Lapas yang baru nanti  harus  lebih luas , kalau bisa seperti kampung sehingga warga binaan bisa bertani dan  bercocok tanan  serta kegiatan lainnya,

“Insya Allah, secara  pelan-pelan kita akan merespon  terkait permasalahan  Lapas yang over kapasitas warga binaan yang telah dilaporkan kepala Kantor Wilayah  Kemenhum dan HAM Kaltimtara  Agus Subandriyo ,” tandas Isran  Noor     

Sebelumnya Agus Subandriyo  menerangkan Lapas dan Rutan se Kaltimtara  dengan  jumlah Lapas dan Rutan ada 11 UPT dengan kapasitas hunian seluruhnya sebanyak 3.586   sementara saat ini jumlah warga binaan dan tahanan serta anak didik  berjumlah 11.562 orang . sehingga terjadi over kapasitas kurang lebih 325 persen.                     

“asus yang paling banyak adalah kasus narkoba berjumlah 8.294 orang dengan rincian jumlah bandar Narokoba sebanyak 6.426 orang, pemakai norkoba  1.868 orang.  Untuk  Kaltim ada 9 UPT kapsitas 2.905 orang  dan isi saat ini 9.404 orang ,  over kapasitas 323 persen, kasus tertinggi bandar norkoba 5.251 ( 55,8 persen), pengguna/pemakai narkoba  1. 333 orang  (14, 1 persen),” papar Agus.(SK8)

Artikulli paraprakYudha : Mencegah Lebih Penting
Artikulli tjetërBersama Menyongsong Pelangi