Beranda kutim Jamaah Haji Kaget, Nilai Tukar Rupiah Anjlok

Jamaah Haji Kaget, Nilai Tukar Rupiah Anjlok

505
0
Salah satu penukaran uang di Madinah

MADINAH (5/9-2018)
Nilai Rupiah yang tembus Rp15 ribu per Dollar Amerika Serikat, dirasakan jamaah haji Indonesia yang masih berada di Makkah dan Madinah. Pasalnya, saat akan menukarkan nilai tukar rupiah ikut anjlok menjadi Rp4.115 per 1 Riyal.
Merasakan nilai rupiah yang lemas, sejumlah jamaah haji Indonesia terpaksa mengurungkan menukarkan uangnya, terlebih nilai jualnya hanya Rp3.800 ribu atau ada selisih lebih Rp300 rupiah. “Ketimbang nukar, lebih baik bertahan saja dengan uang yang ada, ntar juga sudah balik ke tanah air,” kata seorang jamaah asal Kalbar.
Turunnya nilai tukar Rupiah terhadap Riyal ini, diakui pegawai sebuah penukaran uang di Madinah, akibat nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat. Pegawai yang mengaku bernama Ahmad, membenarkan beberapa hari lalu nilai tukar Rupiah adalah Rp4 ribu per 1 Riyal. “Baru Rabu ini berubah,” terangnya.
Meski tempat penukaran uang rupiah ikut anjlok, namun sejumlah toko memberi keuntungan bagi jamaah karena kurs yang dipakai masih tetap Rp4 ribu. Kecuali, toko-toko yang ada di pusat perbelanjaan termasuk Bin Dawood Mall.(SK12)

Artikulli paraprakPDAM Jajaki Pengembangan Layanan ke Sangkulirang
Artikulli tjetërSmart City Menanti Kucuran Pusat