Beranda ekonomi Jamaah Haji Kutim Berkurang 1, Semoga Menjadi Haji Mabrur

Jamaah Haji Kutim Berkurang 1, Semoga Menjadi Haji Mabrur

0
Jamaah haji Kutim saat tiba di Masjid Agung Sangatta sedang mengikuti prosesi penerimaan oleh Pemkab Kutim.(Foto Muhtar/Humas Kutim)

Loading

SANGATTA,Suara Kutim.com (10/10)

Almarhum Yasin Muda Sulaiman (59) yang wafat setelah melaksanakan umrah kedatangan.
Almarhum Yasin Muda Sulaiman (59) yang wafat setelah melaksanakan umrah kedatangan.
Jamaah haji Kutai Timur (Kutim) yang tiba kembali berkurang 1 setelah wafatnya Yasin Muda Sulaiman (59) warga Pinang Dalam Sangatta Utara di Makkah. Kedatangan 133 jamaah di Masjid Agung Sangatta, disambut keluarga dan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Jumat (9/10) malam.
Jamaah haji Kutim yang tergabung dalam Kloter 7 Balikpapan, tiba di Bandara Internasional Sultan Muhammad Sulaiman, Jumat subuh setelah menempuh penerbangan dari Bandara King Abdul Azis Jeddah dan mampir di Aceh untuk menambah bahan bakar.
Setelah diterima dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Deberkasi Balikpapan, semua jamaah baik dari Kukar, Berau dan Balikpapan langsung kembali ke kampung halaman dengan kendaraan yang disiapkan masing-masing panitia daerah. “Sebelumnya jamaah melakukan shalat jumat di Masjid Islamic Samarinda, setelah itu melanjutkan perjalanan ke Sangatta,” terang Kepala Kantor Kementrian Agama Kutim Fahmi Rasyad.
Bupati Ardiansyah Sulaiman merasa senang dan bahagia, jamaah Kutim terhindar dari dua bancana besar yang menimpa jamaah haji tahun 2015. Menurutnya, peristiwa yang terjadi selama musim haji berlangsung merupakan peristiwa tragis terutama tragedi Jalan 204 Mina yang menelan ribuan orang korban.
Kepada jamaah yang baru tiba, Ardiansyah mendoakan menjadi haji mabrur serta ikut dalam pembangunan Kutim.
Jamaah Haji Kutim berangkat ke tanah suci pada 31 September lalu dengan pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA 4107. Penerbangan langsung ke Madinah, menguntungkan jamaah karena tidak lagi harus menempuh perjalanan panjang dari Jeddah ke Madinah, setelah melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi Madinah melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menanti pelaksanaan ibadah haji atau wukuf di Arafah. Namun, sehari baru tiba di Makkah, kabar duka diterima Kutim dimana salah satu jamaah Kutim yakni Yasin Muda Sulaiman (59) warga Pinang Dalam Sangatta– wafat setelah melaksanakan umrah kedatangan.(SK-05/SK-12)