Beranda kutim Jamaah Haji Ziarah, Kunjungi Arafah

Jamaah Haji Ziarah, Kunjungi Arafah

870
0
Jabal Rahmah yang berada di Arafah

MAKKAH (6/8-2018)
Setelah lima hari berada di Makkah, sejumlah jamaah haji asal Kutai Timur (Kutim) termasuk dari Bontang, Senin (6/8) melakukan ziarah ke sejumlah tempat-tempat penting di Makkah diantaranya Arafah, Mina dan Muzdalifah termasuk melihat Jabal Rahman dan Jabal Nur.
Meski dalam ziarah tidak semua lokasi jamaah turun, namun berada di Arafah yang terdapat Jabal Rahmah membuat jamaah sudah merasakan suasana Arafah yang panasnya yang mencapai 44 derajat celsius.
Meski cuaca ekstrem, namun antusias jamaah untuk mendaki Jabal Rahmah, tinggi. Namun rata-rata hanya bertahan beberapa menit, kemudian sudah kembali ke bus. “Alhamdulillah, panasnya luar biasa meski baru pukul 09.00 tapi seperti pukul 12.00 di Sangatta saja,” kata Syamsul Rucca Manuju – warga Jalan Karya Etam Sangatta.
Didampingi sejumlah warga Indonesia yang sudah lama bermukim di Makkah, jamaah mendapat gambaran kondisi Arafah serta tempat-tempat bersejarah lainnya termasuk Gua Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu Alqur’an yang pertama yaitu Surat Al‘alaq 1-5.
Gua Hira berada terletak di Jabal Nur berjarak sekitar 6 km sebelah utara Masjidil Haram, Makkah. Tinggi Jabal Nur, 281 meter dengan panjang pendakian sekitar 645 meter.
Untuk bisa mencapai gua tersebut, jamaah dingatkan harus mendaki bebatuan yang terjal dengan sudut kemiringan tajam. Dari kejauhan, tampak warna putih bergerak perlahan tanda adanya jamaah yang sedang mendaki. “Jika ada yang ingin naik, sebaiknya dilakukan subuh atau malam hari karena cuacanya luar biasa selain itu memerlukan wkatu paling cepat 2 jam untuk naik, demikian turun,” kata Haidar – warga Kalsel yang sudah lama bermukim di Makkah.(SK12)

Artikulli paraprakTanah di Terogong Jakarta Nilainya Jadi Rp100 M
Artikulli tjetërHewan Kurban Antri Disembelih