Beranda kutim Januar : Smaart City Mudahkan Masyarakat Dapatkan Layanan Dukcapil

Januar : Smaart City Mudahkan Masyarakat Dapatkan Layanan Dukcapil

543
0

SANGATTA (11/5-2018)
Kehadiran smart city diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kutim, Januar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan instansinya terutama untuk pembuatan akta kelahiran, sementara perekaman data warga masyarakat wajib datang ke tempat perekaman.
Dukcapil, katJanuar, mendukung smart city terlebih pelayanan Disdukcapil berhubungan langsung dengan masyarakat seperti pembuatan KTP Elektronik, akta nikah, akta kelahiran dan sebagainya. “Jika dilakukan secara integritas, sehingga memudahkan masyarakat dalam berurusan,” kata Januar.
Ia mengakui, dengan smart city masyarakat bisa mempersiapkan semua persyaratan di rumah, sebelum mengurus berbagai perizinan atau yang lainnya. Sehinga tidak bolak-balik, jika ada yang kurang dan ini bisa menghemat waktu dan tenaga. “Nanti masyarakat bisa mengirim berkas via aplikasi, setelah itu mendapat pemberitahuan kapan datang selain itu bisa membatasi jumlah pemohon setiap harinya hanya saja warga masyarakat harus sudah melek IT, jangan sampai datang ke Dukcapil belum mendapat jadwal pelayanan,” bebernya seraya menyebutkan pelayanan sejumlah kantor seperti Imigrasi dan Satlantas Polres Kutim.
Sebelumnya Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik (Kompersansik) Kutim Erlyan Noor, menyatakan implementasi MoU Pemkab Kutim dengan Kementrian Kominfo, akan ditindak lanjuti masing-masing OPD. “Kompersansik hanya memfasilitiasi perangkat jaringannya, nantinya masing-masing OPD yang akan mengembangkan aplikasinya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Nanti akan ada rakor, sehingga diketahui apa saja pelayanan yang sudah bisa diberikan layanan OPD dengan memanfaatkan smart city,” beber Erlyan.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakDinas Pepustakaan Galakan Minat Baca Masyarakat
Artikulli tjetër25 Calon Bintara TNI-AD Asal Kutim, Ikuti Pembinaan di Makodim Sangatta