Beranda ekonomi Johansyah : Pelabuhan Kenyamukan Siap Digunakan

Johansyah : Pelabuhan Kenyamukan Siap Digunakan

1392
0
Jalan Menuju Dusun  Kenyamukan Yang Sudah Dicor
SANGATTA,Suara Kutim.com
Meskipun bermasalah secara hukum, terkait dengan pembebasan lahan namun proyek Pelabuhan Kenyamukan Sangatta, tetap jalan. Bahkan sisi laut yakni trestel yang dibiayai dari APBD APBD Kutim sudah rampung 100 persen, demikian  jalan pendekat, sehingga pelabuhan yang diharapkan mampu mendongkrak ekonomi Sangata  dapat digunakan tahun depan.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informasih (Dishubkominfo) Kutim Johansyah Ibrahim,menyebutkan tahun 2015 sudah dianggarakan untuk membangun fasilitas pelabuhan sisi darat berupa kantor bersama dengan senilai Rp50 miliar. “Kalau kantor selesai maka perlabuhan ini sudah dapat digunakan,” jelasnya.
Diakui, fasilitas yang akan dibangun tahun depan  masih terbatas karena lahan yang digunakan juga masih terbatas.  Ia tidak membantah, sebagian  lahan  bermasalah, karenanya pemerintah   akan membangun di lahan seluas 4  hektare yang memang sudah tak bermasalah.
Terkait dengan proyek pembangunan causeway, yang dibangun dari dana APBN, Johansyah mengatakan tidak tahu  progresnya.  Sebab proyek itu memang dikelola sendiri oleh pemerintah pusat, Hanya pekerjaan itu juga jalan terus dan kemungkinan dalam tahun ini akan selesai. “Meskipun proyek causeway APBN ini belum selesai, tidak akan mengganggu operasional pelabuhan kalau kantor sudah siap,” terang Johansyah.
Dijelaskan,  lokasi yang dipilih untuk membangun sisi darat adalah areal  mangrove yang termasuk lahan negara sehingga tidak akan ada pembebasan lahan.  Namun, pihaknya akan tetap kordinasi dengan  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim, terkait dengan penggunaan lahan ini dan ketentuan Kehutanan lainnya.

Johansyah mengakui, sisi darat,  membutuhkan dana sekitar Rp600 M jika fasilitas  dibangun  keseluruhan sesuai dengan rencana termasuk pembangunan gudang dan fasilitas lainnya. “Diharapkan proyek besar itu mendapat APBD Kaltim dan APBN,” harap Johansyah.(SK-02)
Artikulli paraprakPDAM T2UB Butuh Subsidi Rp7,5 M Untuk BBM
Artikulli tjetërSekwan Sudah Siapkan Dana Pelantikan Anggota DPRD