Beranda hukum Kapak Istri Hingga Tewas, MB Dituntut 15 Tahun Penjara

Kapak Istri Hingga Tewas, MB Dituntut 15 Tahun Penjara

1226
0
Matias Bilung ketika di bawa menuju ruang sidang PN Sangatta.

SANGATTA (30/5-2018)
MB (43) terdiam ketika Jaksa Muhammad Israq dari Kejaksaan Negeri Sangatta menuntutnya 15 tahun penjara, karena terbukti selama persidangan membantai Trisnawati Jalung pada Jumat (10/11) tahun 2017. Beruntungnya, MB lepas dari bidikan pasal 340 KUHP jika tidak dituntut lebih berat.
Dalam uraiannya, Jaksa Muhammad Israq, Rabu (30/5), menyebutkan secara rinci kasus yang menggegerkan Kongbeng ini. Dihadapan Majelis Hakim yang dipimpin Marjani Eldiarti dengan anggota Pungky Maradona serta Nurahmat, itu dijelaskan perbuatan MB terbukti melanggar pasal 338 KUHP.
Peristiwa yang terjadi di siang bolong ini, diawali cek-cok antara MB dengan Trisnawati Jalung. “Antara terdakwa MB dengan Trisnawati Jalung sudah pisah namun MB mau kembali rujuk, ditolak Trisnawati,” ungkap Israq.
Disebutkan, ketika terdakwa minta uang sebesar Rp90 juta juga ditolak. Cek-cok itu terjadi di ruang keluarga, ujar Israq, namun berlanjut di dapur. Ketika akan keluar dapur, MB melihat kapak, sehingga dengan kapak terdakwa menganiaya Trisnawati.
Meski dalam dakwaan awal MB dijerat dengan pasal 340 KUHP, ternyata selama persidangan tidak terbukti namun keterangan saksi dan pengakuan terdakwa, memenuhi dakwaan subsidair melanggar pasal 338 KUHP. “Karena terbukti melakukan pelanggaran pasal 338 KUHP, terdakwa dituntut 15 tahun penjara sementara barang bukti kapak disita untuk dimusnahkan dan sebagian barang bukti lainnya dikembalikan kepada keluarga Trisnawati,” kata Israq.
Terhadap tuntut JPU, majelis hakim memberi kesempatan MB menyampaikan pembelaan pada sidang lanjutan. “Buat pembelaan secara tertulis, nanti akan dipertimbangkan pada sidang putusan,” kata Hakim Marjani seraya menutup sidang dengan mengetukan palu sebanyak tiga kali.(SK12)

Artikulli paraprakStok Obat Menipis, Distributor Enggan Kirim Obat Sebelum Utang Lunas
Artikulli tjetërKPU Mulai Bagi Surat Suara Pilgub Kaltim