Beranda ekonomi KB Minta Pertanian Digalakan, Demi Ketersediaan Pangan di Kutim

KB Minta Pertanian Digalakan, Demi Ketersediaan Pangan di Kutim

413
0
Salah seorang petani di Bangun Jaya Kecamatan Kaliorang saat menanam padi dengan alat tanam yang belum lama ini mereka terima dari Dinas Pertanian Kutim.

SANGATTA (18/8-2020)

                Kasmidi Bulang – Plt Bupati Kutim menargetkan sektor pertanian terus meningkat, ia berharap di tengah ketersediaan alat pertanian modern, kualitas PPL juga meningkat sehingga ketersediaan pangan di Kutim terjamin.

                Dalam percakapan dengan Suara Kutim.com, ia menyebutkan lahan pertanian di Kutim saat ini harus dipertahankan bahkan diperluas dengan memanfaatkan lahan yang belum tergarap untuk kegiatan perkebunan dan pertambangan. “Sentra-sentra pertanian harus dipertahankan, agar ketersediaan pangan kedepan lebih terjamin tidak tergantung luar daerah,” kata pria yang akrab disapa KB ini.

Disebutkan, potensi  padi sawah membutuhkan alat pertanian  modern seperti dilakukan petani di Desa Miau Baru yang menggunakan peralatan modern kini mampu swasembada beras, demikian di Sangatta Selatan serta Kaliorang dan Kaubun.

                Kepada PPL, ia menaruh harapan pembinaan lebih ditingkatkan lagi sehingga petani bersemangat. Ia mengakui, sejumlah kendala masih menghadang dalam Pemkab Kutim menggarap sektor pertanian diantaranya belum adanya Perda tentang kawasan pertanian yang tidak bisa digarap atau dperuntungkan untuk kepentingan lain.

                Meski sebagai sarjana teknik, KB mengakui soal pangan tidak bisa dinomorduakan karena pangan punya peran penting. Iapun bangga dengan  TNI-AD yang menggalakan pembinaan dalam penyediaan pangan terutama beras. “Kedepan diharapkan program TNI-AD yang pernah digalakan Kodim Sangatta kembali digelorakan sehingga petani tambah semangat, meski kerap terkendala dengan ketersediaan tenaga kerja,” ungkap Kasmidi yang belum lama ini melakukan panen raya di Miau Baru dan Sangatta Selatan.(SK3)

Artikulli paraprakDoa Bersama Doakan Ism dan Istri, Agar Tegar Menghadapi Cobaan
Artikulli tjetërPangdam Mulawarman Bangga Dengan Yonif 611 AWL