Beranda ekonomi Kejar Swasembada Beras, Distan Kutim Usul Perluasan Sawah

Kejar Swasembada Beras, Distan Kutim Usul Perluasan Sawah

530
0

SANGATTA (8/8-2018)
Dinas Pertanian (Distan) Kutim berupaya mencapai target swasembada beras yang dicanangkan tiga tahun lalu dengan target tercapai di tahun 2018. Kepala Distan Kutim, Sugiono menyebutkan dengan kondisi jumlah sawah Kutim yang saat ini hanya 7 ribu hektar, target sulit tercapai. “Untuk mencapai target swasembada beras di Kutim, kami kembali mengusulkan pembukaan atau cetak sawah seluas tiga ribu hektar pada tahun 2019 mendatang,” terangnya.
Diakui, jika sawah di Kutim mencapai 10 ribu hektar dan dalam setahun berhasil panen dua kali dengan hasil 7 ton padi, diperhitungkan ada 140 ribu ton padi dalam setahun sementara kebutuhan beras dengan asumsi penduduk Kutim sebanyak 600 ribu jiwa dengan kebutuhan beras hanya 125 ribu ton.
Kepada Suara Kutim.com, dijelaskan, saat ini produksi ladang basah dan ladang kering di rata-rata 4 ton hingga 5 ton beras perhektar, dengan dua kali panen pertahun. Karenanya, jika ingin swasembada beras harus bisa mencetak 10 ribu hektar sawah serta bisa meningkatkan produksi hingga 7 ton beras perhektar. “Kami berharap target cetak sawah dan peningkatan produksi padi ini bisa dicapai pada tahun depan, tentunya perlu dukungan kesiapan anggaran yang memadai,” ungkap mantan PPL Kaltim.(SK3)

Artikulli paraprakAkhirnya Madinah Diguyur Hujan, Jamaah Masjid Nabawi Bersyukur
Artikulli tjetërBakso Si a Doel Karawang Beromset Lebih Rp40 Juta Sehari