Beranda kutim Kemenag Ajak CJHI Setelah Manasik Menjadi Haji Mandiri

Kemenag Ajak CJHI Setelah Manasik Menjadi Haji Mandiri

886
0

SANGATTA (13/7-2018)
Pemerintah Republik Indonesia, dijelaskan Kepala Kantor Kemenag Kutim, Ambotang terus beruapaya meningkatkan pelayanan kepada Ummat Islam Indonesia yang akan melaksanakan ibadah haji.
Upaya perbaikan pelayanan, terangnya dilakukan sejak pendaftaran yang sudah on line sehingga terdata jelas dan bisa termonitor, menjelang pemberangkatan, selama di tanah suci hingga kembali ke tanah air.
Manasik haji, dijelaskannya bagian dari Kemenag untuk memberikan pemahaman agar ibadah haji berjalan sesuai rukunnya dan jamaah tidak bingung karena sudah mendapatkan pembekalan bahkan buku pedoman yang lengkap ditambah petugas haji baik Kloter, Pembimbing Haji maupun Tim Kesehatan.
Meski demikian, ujar Ambotang, jamaah haji harus mandiri selama melaksanakan ibadah di tanah suci baik saat umrah maupun haji. Kemandirian, imbuhnya, saat menutup manasik haji di Hotel Mesfa Mulia Sangatta, Jumat (13/7) kunci utama kesuksesan dalam melaksanakan ibadah umrah dan haji.
Bersama Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Sofyansyah, ia mengambarkan situasi di Makkah dan Arafah, serta Mina. Terlebih saat tawaf dan sa’i dimana jutaan ummat Islam se dunia kumpul untuk melaksanakan ibadah bersamaan.
“Dalam kondisi demikian, keutuhan rombongan bahkan regu tidak terjamin utuh lagi karenanya sesama jamaah harus bisa mandiri saat terpisah, namun tidak panik nantinya jika bingung datangi petugas – petugas haji yang ada dan perlihatkan gelang hajinya,” pesan Ambotang seraya mengingatkan jamaah lainnya jika menemukan jamaah yang tersesat jika ada waktu juga ikut membantu.
Manasik haji bagi jamaah haji asal Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, digelar Kemenag Kutim untuk memantapkan manasik yang telah diikuti. Berdasarkan catatan Kemenag Kutim, dari kedua kecamatan ini ada 141 Calon Jamaah Haji yang akan berangkat akhir bulan nanti.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakK2LH RI Puji KPC Dalam Kelola Lingkungan Hidup
Artikulli tjetërDi Medsos : Sofyan Hasdam Akui Sudah Tidak Nyaman Berada di Bawah Beringin