Beranda kutim Koper Haji Langsung Diterima Dikamar, Pemeriksaan Dibandara Dipersingkat

Koper Haji Langsung Diterima Dikamar, Pemeriksaan Dibandara Dipersingkat

1234
0
Calon Jemaah Haji asal Kutim ketika menerima koper yang dibagikan Kemenag Kutim belum lama ini.

SANGATTA (29/5-2018)
Jemaah Haji Indonesia (JHI) mulai tahun 2018 ini mengalami kemudahan setiba di Bandara Jeddah dan Madinah. Jika selama ini, waktu berada di bandara waktunya minimal 2 jam dan harus menjalani pemeriksaan paspor, visa serta koper dalam waktu lama sehingga menambah kelelahan setelah penerbangan berjam-jam.
Kepala Kantor Kemenag Kutim Ambotang mengutip keterangan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham, keistimewaan yang diberikan kepada JHI nanti yakni jemaah asal Indonesia dibuatkan jalur khusus yang tidak tercampur dengan jemaah negara lain. Selain itu, jemaah juga tidak perlu menenteng sendiri koper namun menerima langsung di kamar Jemaah. “Perlakukan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi ini tiada lain karena jemaah haji Indonesia meski dalam jumlah banyak, namun paling tertib selama ini,” sebut Ambotang.
Bersama Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Sofyansyah, disebutkan untuk percepatan layanan di Bandara Jeddah atau Madinah, proses rekam biometrik dilakukan di embarkasi tanah air sebelum pemberangkatan.
Proses biometrik itu yang biasanya dilakukan di Bandara Arab Saudi, memakan waktu lama karena selain sidik jari juga dilakukan perekaman biometrik retina mata. Selain itu, jemaah menunggu pemeriksaan bagasi serta pemeriksaan kesehatan terkait kepatuhan menjalani vaksin meningitis.
Ditanya pemondokan jemaah haji di Mekah, berdasarkan informasi yang diterimanya, Ambotang untuk wilayah Makkah berada sekitar Aziziah, Mahbas Jin, Misfalah, Jarwal, Syisyah, Raudhah, dan Rei Bakhsy. Sedangkan di Madinah, berada di Markaziah atau di dalam King Faisal Road artinya tidak jauh dari Masjid Nabawi.(SK12)

Artikulli paraprakLagi Nonton Televisi, Tiba-Tiba Rumah Terbakar
Artikulli tjetërHerlang : Dukung Pemkab Kutim Buat Perda Tibum Atasi Kenakalan Remaja