Beranda kesehatan KPC Pasang Alat Pemantau Kualitas Udara

KPC Pasang Alat Pemantau Kualitas Udara

1247
0
Kondisi asap di Sangatta, hari ini
SANGATTA,Suara Kutim.com
Kabut asap yang melanda Kutai Timur (Kutim) terutama Sangatta dalam beberapa hari terakhir, akan dipantau kualitas udaranya keadaannya oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH).
Kepala BLH Kuti, Encek A Rafidin Rizal, disela-sela mengikuti upacara peringatan HUT Kutim ke 15, Minggu (12/10), mengungkapkan  PT Kaltim Prima Coal (KPC) akan membantu memasang pemantau udara. “Pemantau udara itu merupakan kerjasama KPC dengan LAPI  ITB,” terang Rafidin.
Ia mengakui dengan alat pemantauan udara, akan memudahkan pengecekan kualitas udara  di Sangatta. Informasi yang didapat Rafidin, alat pemantau udara yang akan dipasang dibeberapa lokasi  di Kota Sangatta diantaranya  Simpang Jl Pendidikan Sangatta Utara. “Ketika asap melanda Sangatta, kami sudah berusaha mencari alat pemantau kualitas udara, syukur saat bersamaan KPC sedang melakukan kerjasama dengan LAPI ITB bahkan pemasangannya dijadwalkan senin besok,”terang Rafidin.
Menyinggung pematau udara yang digunakan, ia mengakui pengoperasiannya  sederhana namun mampu berfungsi selama 24 jam, setelah data tentang kualitas udara dalam satu kawasan langsung masuk.
Ia menambahkan, hasil penelitian kualitas udara  perlu waktu namun diyakini cukup akurat terutama sebagai bahan masukan untuk melihat apakah kualitas udara ini cukup berbahaya bagi kesehatan masyarakat. “Alat itu kita pasang di beberapa titik selama berapa jam, nanti diambil baru dinalisis setelah itu ketemu kita kadarnya nanti ketemu kualitas udaranya apakah baik, buruk atau sedang,” katanya.

Rifadin mengakui selama ini pemkab belum pernah melakukan penganalisaan udara, kecuali bekerjasama dengan BLH Kaltim yang selalu melakukan pemantauan dua kali setahun. Disinggung udara Kota Sangatta setelah pengecoran Jalan Yos Sudarso, Rifadin mengakui  kualitasnya tergolong baik.(SK-05)
Artikulli paraprakAsap Pembakaran Lahan Masih Selimuti Sangatta
Artikulli tjetërSemarak Pawai Budaya HUT Kutim