Beranda kutim KTP Elektroni Dicetak di Daerah

KTP Elektroni Dicetak di Daerah

951
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kutai Timur (Kutim) Murdiansyah menargetkan akhir tahun 2014 pencetekan KTP Elektronik, sudah ditangani masing-masing Pemkab. Disebutkan target 2015 semua proses pencetakan ditangani kabupaten dan kota merupakan janji Kementrian Dalam Negeri.
            Didampingi  Kepala Bidang (Kabid)  Data dan Statistik,  Basuni disebutkan selama ini proses pencetakan e-KTP masih ditangani pusat sehingga pendistribusian ke daerah terkendala. Baik Murdiansyah maupun Basuni, sama-sama senang dengan target Kemendgari karena pelayanan dibidang kependudukan lebih maksimal. “Kalau diserahkan ke daerah, selain mempermudah juga mempercepat  proses pencetakan KTP,” ungkap keduanya.
            Diterangkan, sistem yang ada  perlu dievaluasi karena membuat biaya menjadi besar serta waktu lama.  “Kalau sudah ditangani daerah, tentu  mempercepat segala hal di bidang kependudukan mulai perekaman sampai percetakan sehingga kesalahan yang terjadi segera diatasi, proses penertibtan data kependudukan tentu lebih efektif,” aku Basuni seraya menambahkan sudah punya alat penceta e-KTP.

            Menyinggung penduduk Kutim yang belum merekam data kependudukannya, Basuni mengakui masih banyak terutama di kecamatan padat penduduk. Diakui, selama ini Dukcapil sudah berusaha melakukan perbaikan pelayanan termasuk jemput bola. “Jujur saja, memang masih ada warga yang belum melakukan perekaman data meski Dukcapil sudah melakukan perekaman secara mobile dari tempat ke tempat,” ungkap Basuni.(SK-03)
Artikulli paraprakKurang Teliti, Serviks Incar IRT
Artikulli tjetërWagub Optimis Swasembada Daging Terwujud