Beranda kesehatan Kurang Teliti, Serviks Incar IRT

Kurang Teliti, Serviks Incar IRT

1084
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
            Penderita kanker serviks di Indonesia cendrung meningkat, karenanya  menjadi perhatian PT Kaltim Prima Coal (KPC). Tidak heran, saat digelar seminar di sebuah hotel, tercatat 85 peserta datang . Mereka tidak saja ibu rumah tangga namu  ada yang masih berstatus bujangan. “Digelarnya seminar tentang kanker serviks   karena banyak  permintaan terutama dari kaum ibu yang memang memiliki kepedulian tinggi dengan kesehatan,” terang Manager Community Empowerment KPC Nurul Mutia Karim, ketika alasan menggelar seminar kanker serviks belum lama ini.
Superintendent Community Health and Education KPC Yuliana Datu Bua megakui seminar  kanker serviks  kegiatan   positif dan berguna bagi kaum wanita, pasalnya masalah kanker yang hanya menyerang kaum wanita ini bila tidak diketahui sejak dini berakibat fatal. “Seorang wanita, harus menjaga dengan baik rahimnya  agar kelak bisa melahirkan anak-anak yang cantik, tampan, berbudi luhur  yang nantinya   menjadi penerus bangsa, ” kata Yuliana.
Sementara  dr. Rahmat  menyebutkan hampir  80 persen wanita  beresiko terinfeksi  Human Papillomavirus (HPV) atau virus penyebab kanker rahim sepanjang hidupnya.  “Mereak yang terkena HPV sebagian besar berusia  dua puluh sampai dua puluh empat  tahun,” sebutnya.
Sebagai dokter yang kerap menagani kasus HPV, ia mengingatkan warga Kutim selalu rajin melakukan tes PAP (pap smear,red)  terutama  yang sudah menikah. Sedangkan wanita yang belum menikah diingatkan  melakukan vaksinasi secara dini.(SK-03)

Artikulli paraprakPGC Peduli Pendidikan, Salurkan Beasiswa Prestasi
Artikulli tjetërKTP Elektroni Dicetak di Daerah