Beranda ekonomi Kutim Buat Raperda Kutip TKA

Kutim Buat Raperda Kutip TKA

1089
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kutai Timur (Kutim)  akan dikenai  sehingga Ini seiring dengan bakal diusulkannya Raperda tentang  Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA).
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Abdullah Fauzie, menyebutkan   Raperda   TKA  sudah diusulkan ke Bagian Hukum Pemkab dan sebelum akhir tahun akhir ke DPRD.
Ia  Disnakertrans  juga menggandeng  salah satu perguran tinggi untuk mendapatkan masukan sekaligus memberikan dorongan agar Raperda IMTA tersebut bisa segera dibahas di DPRD dengan harapan Raperda itu bisa disahkan menjadi Perda. “Perdanya kini sedang dibaha  karena selama ini pendaftaran di pusat jadi sekarang lagi dibahas melalui konsultan perguruan tinggi dengan bagian hukum,”katanya.
Diakui, potensi pendapatan derah cukup potensial,  dengan  asumsi  saja satu  TKA membayar retribusi 100 US dolar perbulannya,  tambahan pendapatan daerah dalam setahun cukup besar.
Berdasarkan pendataan, di Kutim kini terdapat  114 pekerja asing yang mencari nafkah di Kutai Timur sebagian besar  bergerak dalam sektor pertambangan.

Dijelaskan,  selama ini  retribusi dari pekerja asing   langsung disetorkan ke Pemerintah Pusat oleh perusahaan yang  mempekerjakan  sehingga daerah tidak mendapatkan sumber pemasukan dari keberadaan mereka di wilyahnya.  “Tak bisa narik selama ini aturannya di pusat, dan pusat sendiri terima saja nanti dikembalikan ke kita tapi begitu ini selesai ini langsung masuk ke kita,” ungkap Fuazi.(SK-05)
Artikulli paraprakPNS dan Honorer Pemkab Ditangkap Hendak Nyabu
Artikulli tjetërBanyak Pegawai Terlibat Narkoba