Beranda hukum Lagi Penilep Bansos Masuk Penjara

Lagi Penilep Bansos Masuk Penjara

1056
0

SANGATTA,Swara Kaltim.

    Terdakwa kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos) aspirasi anggpta  DPRD Kutim tahun 2011, Sugiman, Selasa (20/5)  dinyatakan bersalah oleh  majelis hakim  Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)  Samarinda.

Pria yang tercatat sebagai pegawai Sekretariat DPRD Kutim, dijatuhi pidana selama  15 bulan penjara potong masa tahanan dan denda Rp 50 juta subsidair 2 bulan. Selain itu,  Sugiman  diwajibkan membayar uang pengganti Rp 145 juta. “Apabila tidak dapat dibayarkan, harta benda yang dimilikinya akan disita dan apa bila tak mencukupi harus diganti dengan pidana dua bulan penjara,” terang Kajari Didik Farkhan, Kamis (22/5).
Ia mengakui, putusan PN Tipikor memang lebih ringan dari tuntutan JPU yang sebelumnya menuntut  pidana 17 bulan penjara dan denda Rp 50 juta subsidair 2 bulan.  Kepada wartawan, Kajari Didik Farkhan menyebutkan, Sugiman terbukti melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. “Terdakwa Sugiman menerima putusan itu dan kini telah dieksekusi ke Lapas Tenggarong,” timpal Ervandi Quiliem SH salah satu JPU.
Diterangkan, kini  kasus Bansos asal Kutim dalam tahap persidangan di PN Tipikor Samarinda tinggal 3 perkara yakni korupsi bansos aspirasi dangan tersangka SKJ, GS, dan Rus. Sedangkan, untuk kasus dugaan korupsi bansos aspirasi lainnya yang menyeret Sud, dimulai disidangkan Senin (26/5) mendatang. Sedangkan untuk GS pada  Selasa (3/6) dengan agenda pledoi.(SK-02)
Artikulli paraprakOutsosourcing Untungkan Siapa
Artikulli tjetërRud Dilaporkan ke DKPP