Beranda hukum Lawan Corona, Tim Gabungan Kutim Mulai Lakukan Penegakan Displin Masyarakat

Lawan Corona, Tim Gabungan Kutim Mulai Lakukan Penegakan Displin Masyarakat

381
0
Salah seorang warag yang terkena razia penegakan disiplin oleh tim gabungan.

SANGATTA (25/8-2020)

Melihat ancaman Virus Corona, upaya pencegahan tak pernah bosannya dilakukan baik oleh Pemkab Kutim, maupun pihak lain termasuk Polres Kutim dan Kodim 0909 Sangatta. Kerjasama antara Kodim dan Polres Kutim, dilakukan tidak saja sebatas imbauan tetapi terhadap peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya Corona.

Warga yang tak menggunakan masker diberi masker oleh tim gabungan, namun makna dibalik pemasangan makser ini cukup dalam intinya rasa malu.

Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo didampingi Kapolsek Sangatta Utara AKP Slamet Riyadi,  Selasa (25/8) menerangkan  sosialisasi dan pendisiplinan masyarakat dengan melakukan razia masker yang bertujuan lehbih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan makser. “Pemberian masker gratis dan  memberikan himbauan tentang protokol kesehatan dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan, serta adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat Kutai Timur, khususnya warga yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan,” terang Kapolres Indras Budi Purnomo.

Bersaama Kapolsek Sangatta AKP Slamet Riyadi, disebutkan   pendisiplinan masyarakat dan sekaligus pembagian masker gratis serta sosialisasi   protokol kesehatan dalam rangka mengajak masyarakat untuk menyadari akan ancaman Corona.

Kegiatan yang didukung BPBD dan Dinas Kesehatan Kutim tidak  hanya menyasar warga yang lalu lalang di jalan, tim gabungan juga menarget warga yang sedang berbelanja pagi di area Pasar Sangatta Selatan.

“Anggota Babinsa maupun Babinkamtibmas sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, termasuk saat berbelanja di pasar. Namun setiap kali melakukan razia dan sosialisasi, masih ada saja warga yang kedapatan tidak menggunakan masker. Namun anggota di lapangan tetap bersikap persuasif dengan melakukan pendekatan dan memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya menggunakan masker. Jika tidak menggunakan masker, ya kami beri masker,” ujar Slamet.

Ditambahkan, selain mengajak masyarakat untuk disiplin menggunakan masker jika beraktivitas di luar rumah, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat disiplin mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah berkegiatan. Selain itu tetap menjaga jarak dengan orang lain. Dirinya berharap, masyarakat bisa semakin faham dan sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

“Kami mengajak masyarakat untuk disiplin mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah berkegiatan. Juga tetap melakukan jaga jarak antara sesama. Alhamdulillah, setiap kegiatan sosialisasi dan pendisiplinan yang dilakukan, mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat. Kami berharap, masyarakat Kutim pada umumnya bisa semakin faham dan sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 di tengah-tengah masyarakat,” sebut  Slamet Riyadi.(SK3)

Artikulli paraprakMobil PCR Percepat Pemeriksaan Virus Corona
Artikulli tjetërBengalon Kembali Terbakar