Beranda kutim Makam Baqi Makam Ummat Islam Terluas, Ada Sejak Jaman Jahilliyah

Makam Baqi Makam Ummat Islam Terluas, Ada Sejak Jaman Jahilliyah

2507
0

MADINAH (6/8-2018)
Jamaah haji ketika berada di Madinah, selalu tidak melewatkan kesempatan untuk berziarah ke Makam Baqi. Makam yang berada di Timur Masjid Nabawi ini, menjadi ramai dengan peziarah terutama ba’da subuh dan sore hari.
Namun, bagi Pemerintah Arab Saudi, jamaah wanita dilarang masuk sama dengan Makam Ma’la di Makkah. Makam yang dijaga tentara ini, juga tidak mengijinkan jamaah berdoa serta mengambil gambar terlebih video.
Meski demikian ada saja jamaah yang tetap mengambil gambar, sehingga ditegur dan gambarnya diminta dihapus. Sikap petugas yang hanya meminta gambar dihapus itu, diakui sudah lunak biasanya mereka tanpa peduli langsung menyita kamera atau HP.
Larangan berdoa di Baqi dan mengambil gambar itu memang sudah diingatkan sejak awal ketika jamaah akan memasuki makam ummat Islam terbesar ini. Banyaknya jamaah yang berziarah di Baqi, karena merupakan tempat Usman bin Affan RA, Istri dan putra – putri Nabi Muhammad SAW serta ribuan sahabat Nabi Muhammad SAW.
Makam yang ada sejak jaman Jahiliyah ini, kini menjadi pemakaman umum termasuk jamaah haji dan umrah yang wafat di Madinah. Sama dengan makam di bagian lain Arab Saudi, di Baqi juga tidak ada nisan seperti makam di Indonesia. “Disini hanya ada batu saja, sedangkan dimanakah makam para istri dan anak Rasullullah, semua dirahasiakan,” kata Jamal – salah seorang warga Indonesia ketika membawa sebuah rombongan kecil saat berziarah ke Baqi, Kamis subuh.(SK12)

Artikulli paraprakPejabat Pemkab Kutim Ditengarai Banyak Tidak Masuk Kerja Tanpa Alasan
Artikulli tjetërSekda : Bupati Akan Tindak Pejabat Malas Bekerja