Beranda kutim Malam Ini, Film Penghianatan PKI Kepada Bangsa Indonesia...

Malam Ini, Film Penghianatan PKI Kepada Bangsa Indonesia Diputar di Koramil Sangatta

1580
0

SANGATTA (23/9-2017)
Kodim 0909 Sangatta, pukul 19.00 Wita menggelar nonton bareng (Nobar) film penghianatan PKI kepada rakyat dan bangsa Indonesia. Pemutaran perdana di Kutim ini digelar di halaman Koramil Sangatta.
Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo menerangkan pemutaran Film Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) yang juga dikenal dengan Gestapu sesuai perintah Panglima TNI dan bertujuan membuka wawasan generasi muda Kutim, terutama mereka yang lahir di tahun 70an ke atas.
Pemutaran seputar tentang gerakan aktifitas Partai Komunis Indonesia (PKI) sebelum pembantaian Jenderal TNI di Lubang Buaya Jakarta, menurut Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Setyo Wibowo, tiada lain mulai memudarnya pemahaman masyarakat akan PKI yang berdasarkan Tap MPR-RI dinyatakan partai terlarang dan tidak boleh berkembang di Indonesia.
Didampingi Lettu Inf M Irfan dan Pasi Intel Lettu Inf Arif, disebutkan pemutaran Film G 30 S / PKI tiada lain memberikan tambahan pengetahuan generasi muda Indonesia terutama mereka yang lahior di tahun 1970 ke atas. “Masyarakat silahkan datang, pemutaran dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pemkab Kutim pada Kamis tanggal 28 Oktober 2017 pukul 08.30 Wita, selain itu juga digelar disemua Koramil diantaranya Koramil Sangatta pada Sabtu malam,” timpal Lettu Inf Irfan.
Kenapa film penumpasan G30 S/PKI ini perlu diputar kembali terutama bagi prajurit TNI-AD dan keluarganya, ujar Lettu Arif, tiada lain agar keluarga besar TNI-AD memahami akan sejarah bangsa terutama bagaimana gerakan PKI beroperasi di Indonesia.
Diungkapkan, peristiwa tahun 1965 merupakan sekelumit peristiwa yang tercatat dan terekam para sejarahrawan bagaiman kekejaman PKI termasuk menimu sejumlah anggota TNI sehingga salah melaksanakan tugas. “Rentetan peristiwa PKI sejak tahun 1948 dimana adanya pembantaian tokoh agama terutama Islam, termasuk pasca tahun 1965. Sejarah ini jangan dikaburkan, karenanya PKI dilarang ada di Indonesia sesuai TAP MPR-RI,” sebut Arif seraya menambahkan Pemberontakan PKI 1948 disebut Peristiwa Madiun yang dilakukan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) dan partai-partai kiri lainnya yang tergabung dalam organisasi bernama Front Demokrasi Rakyat (FDR).
Film penumpasan pengkhianatan G 30 S PKI merupakan film dokudrama yang kali pertama diputar tahun 1984. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer ini diproduseri G Wikipedia. Film yang Amoroso Katamsi sebagai Soeharto, Ade Irawan, Sofia WD dan Didi Sadikin yang menjadi Presiden Soekarno, pernah meraih Piala Citra untuk Penulis Skenario Terbaik.(SK12)

Artikulli paraprakKepolisian Lakukan Penyelidikan Kasus Bayi Tertukar di RSU Kudungga
Artikulli tjetërNy Salabiah, Korban Monster Sangatta Dirawat di Samarinda