Beranda kutim adv pemkab Masa Akreditasi Berakhir, RSUD Kudungga Lakukan Perpanjangan

Masa Akreditasi Berakhir, RSUD Kudungga Lakukan Perpanjangan

424
0

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA — Management RSUD Kudungga saat ini tengah melakukan perpanjangan masa berlaku akreditasi rumah sakit, yang berakhir tepat pada hari ini, 22 Juni 2022. Proses perpanjangan masa berlaku akreditasi ini, dimaksudkan guna menjaga kenyamanan pelayanan terhadap masyarakat.

Direktur RSUD Kudungga dr Yuwana, melalui Kabid Yanmed RSUD Kudungga, dr Yusuf menyebutkan jika akreditasi yang saat ini dimiliki RSUD Kudungga sangatlah penting. Pasalnya, jika masa akreditasi telah berakhir maka peserta BPJS kesehatan tidak dapat menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan yang dicover oleh BPJS Kesehatan.

RSUD Kudungga bersiap perpanjang Akreditasi.
Sumber foto : Dok Porkompi

“Ini (Akreditasi, red) akan berdampak pada perpanjangan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jadi kalau sampai surat akreditasinya kadaluarsa maka tidak bisa kerja sama dengan BPJS,” jelas Yusuf kepada awak media, belum lama ini.

Ditambahkan, meski akreditasi RSUD Kudungga diinformasikan habis masa berlakunya pada 22 Juni 2022. Namun karena adanya pandemi Covid 19 , maka dikeluarkan SE (Surat Edaran) Menteri Kesehatan pada tanggal 18 Februari 2022, tentang perpanjangan masa berlaku akreditasi sampai dengan setahun sejak dikeluarkannya SE tersebut.

“Meski masa berlakunya (akreditasi, red) berakhir, tetapi sesuai SE (surat edaran, red) Menkes, maka masa berlakunya akreditasi diperpanjang hingga setahun berikutnya, sebagaimana edaran yang ada. Hal ini dikarenakan kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Jadi diberi kesempatan perpanjangan hingga 18 Februari 2023, maka kami menargetkan agar dapat disurvey oleh tim akreditasi pada bulan Oktober atau November tahun ini,” ungkap Yusuf.

Dihubungi terpisah melalui sambungan telfon, Yuwana mengaku pihaknya telah memulai persiapan dengan dibentuknya Tim akreditasi sejak beberapa minggu yang lalu yang ditandai dengan Kick off dan Penggalangan komitmen pada 2 Juni 2022 yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 RSUD Kudungga.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Dewan Pengawas BLUD yang terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Kepala BPKAD Kutim, Plt Kabag Hukum. Selain itu, telah pula disusun timeline kegiatan mingguan sampai survey oleh Lembaga Penilai Akreditasi di akhir tahun 2022.

“Mohon doanya agar Akreditasi RSUD Kudungga berjalan lancar dan memberikan hasil terbaik untuk masyarakat Kutai Timur, Aamiin,” pungkasnya.(Adv/Red/Win)

Artikulli paraprakFraksi PDI Perjuangan Kutai Timur Optimis Komitmen Pemerintah Menuju WTP
Artikulli tjetërBak Kelaparan di Lumbung Padi, Bappeda Kutim Minta Kementerian Keuangan Tingkatkan Persentase DBH Minerba ke Daerah