Beranda ekonomi Masifkan Vaksinasi Covid-19 dan Perketat Prokes, Sembilan Kecamatan di Kutim Jadi Zona...

Masifkan Vaksinasi Covid-19 dan Perketat Prokes, Sembilan Kecamatan di Kutim Jadi Zona Hijau

156
0
(Dok. Istimewa) Grafik Sebaran Kasus Covid-19 Kutim per 27 April 2021,

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA— Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Timur (Kutim), terus konsen dalam melakukan upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 di wilayah Kutim. Mulai dari mempertegas penerapan protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat, juga memaksimalkan upaya vaksinasi Covid-19 yang kini menjadi salah satu program utama pemerintah dalam mengatasi penularan dan penyebaran Covid-19.

Dok. Istimewa : Upaya pendisiplinan warga yang tidak patuh prokes oleh tim Satgas Covid-19 Kecamatan Sangatta Selatan

Sejalan dengan upaya yang telah dilakukan, saat ini sejumlah kecamatan di Kutim tercatat sudah berstatus dalam zona hijau atau bebas dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dari data laporan persebaran Covid-19 Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kesehatan Kutim yang merupakan bagian dari Satgas Penanganan Covid-19 Kutim per tanggal 27 April 2021, dari 18 kecamatan yang ada di Kutim, sebanyak 9 (sembilan) kecamatan kini berstatus zona hijau.

“Kecamatan yang kini berstatus hijau atau tidak ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Busang, Kecamatan Long Mesangat, Kecamatan Muara Bengkal, Kecamatan Muara Ancalong, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Kongbeng, Kecamatan Rantau Pulung, Kecamatan Kaliorang dan Kecamatan Teluk Pandan,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani Hasanal.

Proses vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Rantau Pulung

Sementara itu, ada tujuh kecamatan yang masih berstatus zona kuning dan dua kecamatan berstatus zona merah. Untuk kecamatan yang berstatus zona kuning, yakni Kecamatan Sangatta Selatan, Kecamatan Sandaran, Kecamatan Kaubun, Kecamatan Karangan, Kecamatan Bengalon, Kecamatan Telen dan Kecamatan Muara Wahau. Sedangkan kecamatan yang masih berstatus zona merah, yakni Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangkulirang.

“Untuk Kecamatan yang berstatus zona kuning, jumlah pasien terkonfirmasi positif yang masih dirawat jumlahnya tidak sampai sepuluh orang. Sedangkan kecamatan yang berstatus merah, jumlah pasien terkonfirmasi positif masih berjumlah di atas dua puluh orang pasien,” jelas Bahrani.

Dengan semakin masifnya upaya pendisiplinan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19, dirinya berharap semakin banyak kecamatan di Kutim kembali berstatus zona hijau. Namun tentunya hal tersebut bisa terwujud, tentu tidak lepas dari kesadaran dan keikutsertaan masyarakat dalam upaya pendisiplinan penerapan protokol kesehatan serta vaksinasi Covid-19.(Admin)