Beranda KABAR KALTIM Mobil PCR Percepat Pemeriksaan Virus Corona

Mobil PCR Percepat Pemeriksaan Virus Corona

368
0
Kondisi dalam mobil PCR yang dibeli Pemprov Kaltim

SAMARINDA (25/8-2020)

Mendukung percepatan pemeriksaan korban Virus Corona, Pemprov Kaltim membeli Mobile Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction).  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Padilah Mante Runa menerangkan  Mobile Laboratorium PCR mempercepat memeriksa sample waiting list yang mencapai 400 sample.

“Insya Allah, mulai besok Mobile Lab PCR Covid-19 sudah kita dioperasionalkan, dan ditempatkan pada Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim,” kata Padilah Mante Runa, Senin (24/8) kemarin.

Ditambahkan,  mobile lab PCR Covid-19, tentu sangat membantu dalam percepatan proses pemeriksaan hasil swab yang telah dilakulan. “Diharapkan mobile PCR ini, bisa menyelesaikan pemeriksaan sample yang sebelumnya sudah antri, dimana kemampuan pemeriksaan samplenya sehari bisa mencapai 300 sample,” terangnya.

Setelah selesai semua pemeriksaan sample, lanjut Padilah, mobile  PCR dioperasikan bagi organisasi perangkat daerah  (OPD) yang memang sudah ada kasus terkonfirmasi positif. “Bisa secepatnya melakukan pemeriksaan sample, sehingga bisa secepatnya dilakukan tracing. Bagi pasien positif bisa secepatnya sehingga cepat pula kita memutus rantai penularan Covid-19 khususnya di wilayah Provinsi Kaltim,” paparnya.

Iapun  mengimbau masyarakat Kaltim untuk taat dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan, karena masyarakat  garda terdepan dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. “Covid-19 jangan dianggap enteng, karena virus ini penularannya sangat cepat, bahkan telah menimbulkan korban jiwa. kita harus taat melaksanakan protokol kesehatan, kapan dan dimanapun berada dalam berbagai aktivitas, sehingga terhindar dari penularan Covid-19,” pesannya.(SK8)

Artikulli paraprakKarhutlan Urusan Bersama, Isran Puji TNI dan Polri
Artikulli tjetërLawan Corona, Tim Gabungan Kutim Mulai Lakukan Penegakan Displin Masyarakat