Beranda hukum Mus Buka Rekening Khusus, Sur Himpun Dari Rekanan

Mus Buka Rekening Khusus, Sur Himpun Dari Rekanan

999
0
Sidang PN Tipikor Samarinda saat menghadirkan Bupati Ism sebagai saksi dalam kasus AMY dan DA.

JAKARTA (7/10-2020)

                Dua bersaudara yakni Mus dan Sur, sama-sama mengumpulkan dana dari rekanan Pemkab Kutim untuk membuat dana cadangan yang siap digunakan ketika Bupati Ism, memerlukan. Pengakuan itu, diungkapkan keduannya dalam persidangan PN Tipikor Samarinda yang menghadirkan terdakwa Amy dan DA.

                Dalam kesaksiannya, Mus yang terakhir menjabat Kepala Bappenda,mengaku membuka rekening khusus untuk menampung dana-dana dari rekanan Pemkab. “Rekening pada Bank Mega Sangatta dibuka sejak tahun 2017, fungsinya untuk menyimpan uang dari rekanan diantaraya dari DA yang mengerjak proyek pada Dinas Pendidikan, Sernita yang mengerjakan proyek pada Bagian Perlengkapan, serta Kadis Sosial Kutim,” terang Mus.

                Uang yang tersimpan dalam rekening khusus ini, diakui Mus digunakan berbagai keperluan Bupati Ism dan UEF – Ketua DPRD Kutim. “Uangnya distandbykan, kapanpun diminta segera diserahkan,” terangnya seraya menambahkan uang dari rekenan yang ia terima bervariasi nilainya.

                Ketika didesak jumlah uang diberikan AMY kepada Bupati Ism melalui dirinya, Mus menyebutkan pada pertengahan tahun 2019 sebesar Rp5 M guna membayar utang Ism. “Sebagai imbalannya AMY mendapat proyek senilai Rp15 M pada Dinas PU, kemudian Rp550 juta dari AMY yang diberikan melalui Sur,” beber Mus.

                Tak jauh berbeda dengan adiknya, Sur sebagai Kepala BPKAD Kutim, saat memberikan keterangan Selasa (6/10) membenarkan selalu menyiapkan uang untuk keperluan Bupati Ism dan UEF. Meski  ia mengaku tak memasang target kepada rekanan , namun pria yang akrab disapa Anto menandsakan  Ism sebagai atasannya kerap minta uang meski sudah ada dana operasional yang disediakan melalui APBD Kutim.

                Seperti diberitakan, AMY dan DA kini didakwa sebagai penyuap sekaligus memberi THR  kepada Bupati Ism, Ketua DPRD EUF, Mus – Kepala Bappenda, Sur – Kepala BPKAD dan AET – Kadis PU. Dari keterangan tiga saksi kunci yang berhasil dihadirkan JPU KPK, semakin memperkuat dakwaan JPU. “Bagaimana saudara terdakwa apakah adakah keterangan saksi-saksi tadi dibantah,” tanya ketua majelis hakim Agung Sulistiyono yang dijawab AMY dan DA, tidak ada.(SK8/SK7/SK15)

Artikulli paraprakIsm Akui Minta ke Sur Sekebat Obama
Artikulli tjetërCatut Nama Ponpes, RI Tipu Puluhan Masyarakat