Beranda ekonomi Noorbaiti Terkesan Batik Paku Kutim

Noorbaiti Terkesan Batik Paku Kutim

632
0
Noorbaiti Isran Noor ketika melakukan proses pembuatan motif Batik Paku buatan Risno.

SANGATTA (21/10-2020)

                Pelestarian seni budaya Kutim yang diimplementasikan dengan mengembangkan batik, menjadi perhatian Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor. Saat bertandang ke Sangatta, Selasa (20/10), ia mengapresiasi setiap upaya yang dilakukan masyarakat dalam rangka menjaga dan melestarikan seni dan budaya khas Kutim.

Usaha Risno Asan Sanjoyo yang mengembangkan Batik Paku khas Kutai Timur, diakui istri Gubernur Kaltim ini, mampu memotivasi warga masyarakat lainnya.   Noorbaiti mengangumi usaha Risno yang terus belajar dan berbagi ilmu kepada masyarakat. “Tidak ada instan, semua ada proses jika ada niat dan semangat, Insya Allah apa yang dicita-citakan terwujud,” kata Noorbaiti.

Diakuinya, Kaltim memerkukan generasi muda yang mempunyai terobosan  baru dalam upaya melestarikan seni dan budaya Kaltim. “Harapan saya, kelak ada Risno lain bermunculan di seluruh altim,” kata Norbaiti ketika mengunjungi workshop dan galeri Batik Paku khas Kutim di Jalan Gajah Mada RT 04 No. 23 Sangatta Utara.

Iapun berharap, Norbaiti berharap Pemkab Kutim dan  perusahaan memberikan dukungan penuh untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun sektor UMKM. Perlu dukungan semua pihak, termasuk perusahaan melalui fungsi Corporate Social Responsibilty (CSR). Sehingga apa yang dilakukan pemuda-pemuda dalam mengembangkan kearifan lokal di daerah, seperti pengrajin batik Paku khas Kutim ini dapat terus maju dan semakin dikenal dunia internasional,” harap Ketua TP PKK Kaltim ini.

Datang bersama Pjs Ketua TP PKK Kutai Timur Rina Marliana Jauhar Efendi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur  Zaini, Kabid Industri Disperindagkop dan UKM Kaltim Erwinsyah beserta jajaran Dekranasda Kaltim dan Kutai Timur, Noorbaiti benar-benar memperhatikan proses pembuatan batik oleh Risno bahkan ia sempat menggoreskan motif awal pembuatan batik.(SK3)

Artikulli paraprakKetua KPK : Paslon jangan Menebar Janji
Artikulli tjetër5 Kali Raih WTP, Kutim Terima Penghargaan