Beranda ekonomi Opas, Tekan Harga Jual LPG Melon

Opas, Tekan Harga Jual LPG Melon

0
Mugeni pada salah satu kegiatan Pemkab Kutim

Loading

SANGATTA (21/12-2017)
Operasi pasar (Opas) tabung LPG isi 3 Kg oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur (Kutim) Selasa (19/12) di Sangatta, berhasil menekan harga jual eceran gas elpiji 3Kg pada tingkat pengecer. Gas LPG yang akrab disebut gas melon yang biasa dijual Rp 28.000 hingga Rp 30.000/tabung, setalh dilakukan Opas bertengger di harga Rp 25 ribu pertabung.
“Alhamdulillah, operasi pasar gas elpiji 3Kg yang sudah kita laksanakan kemarin bisa menekan harga ditingkat pengecer. Dari harga Rp 28.000 hingga Rp 30.000/tabun, kini stabil diharga Rp 25.000/tabung”, ungkap Kadisperindag Kutim Edward Azran didampingi Kasi Perdagangan Dalam Negeri, Achmad Dony Evriady.
Ditambahan Dony, dalam operasi pasar tersebut disedikan 2500 tabung gas elpiji 3 Kg dibagikan kepada masyarakat Sangatta di 4 pangkalan elpiji, dengan harga Rp 19 ribu pertabung. “Animo masyarakat tinggi. Bahkan meminta agar pemerintah sering-sering melakukan operasi pasar”, ujar Dony.
Disebutkan, Disperindag Kutim berencana aktif melakukan operasi pasar gas LPG 3Kg apabila ada tanda-tanda naik atau langka. Bahkan hari Ahad nanti, operasi pasar kembali dilaksanakan. “Hanya saja lokasinya yang masih belum ditetapkan, karena Disperindag Kutim akan menyebar total 10.000 tabung,” bebernya.
Disebut Doni, ada tiga pangkalan yang menggelar operasi pasar gas 3 kg yakni Pangkalan Asbudi, kemudian Pangkalan Amir serta Pangkalan Isnar di Gang Taruna 4 Jalan Diponegoro serta Pangkalan kundari di Jalan AW Syahrani Sangatta Utara.(SK3)