Beranda hukum Partisipasi Naik, Namun Belum Capai Target

Partisipasi Naik, Namun Belum Capai Target

605
0
Petugas membawa kotak suara Pemilu dan Pilpres Tahun 2019

SANGATTA (10/5-2019)

                Kesadaran masyarakat Kutim terhadap Pemilu tahun ini membanggakan, jika selama ini selalu berada di posisi terbawah se Kaltim bahkan se Indonesai, namun pada Pemilu 2019, angka partisipasi masyarakat mencai 73,37 persen.

Ulfa Jamiatul Farida – Ketua KPU Kutim

                Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida menyebutkan secara keseluruhan, tingkat partisipasi masyarakat Kutim naik signifikan  meski belum mencapai 77,5 persen sebagaimana target KPU. Ia menyebutkan, pada Pilgub Kaltim partisipasi warga Kytim hanya mencapai 25,33 persen.

                Bersama Handoko – Komisioner KPU Kutim, disebutkan persentase partisipasi masyarakat untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) mencapai 73,58 persen dari 189.662 pengguna hak pilih. Sementara untuk DPR RI dari 257.197 jumlah pemilih terdata hanya 188.100 yang menggunakan hak pilihnya atau 73,14 persen.  Kemudian pada DPRD Provinsi partisipasi masyarakat mencapai 73,09 persen dari 257.087 DPT, sedangkan untuk DPRD Kutim mencapai  74,04 persen dengan pemilih 187. 793 orang.

                Ulfa mengakui dampak Pilpres yang gaungnya lebih besar dari Pemilu memberi dampak terhadap tingginya angka partisipasi masyarakat, termasuk pemilihan calon anggota DPRD Kutim. “Memang belum ada penelitian tapi Pileg DPRD Kutim punya andil besar mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, demikian dengan Pilpres,” bebernya.

                Wanita yang menjadi wanita kedua memimpin KPU Kutim ini, menyampaikan penghargaan kepada semua pihak terutama masyarakat yang telah mensukseskan Pemilu dan Pilpres Tahun 2019, namun ia penghargaan istimewa ia sampaikan kepada jajaran PPK dan KPPS yang dengan sekuat tenaga menuntaskan semua tahapan Pemilu dan Pilpers. “Kami jajaran KPU, juga bangga dan berterima kasih kepada Bawaslu, Polres dan jajaran TNI serta Pemkab Kutim yang antusias membantu hingga semua tahapan Pemilu berjalan lancar, aman dan damai,” sebut Ulfa belum lama ini.(SK11)

Artikulli paraprakSemarak Ramadhan 1440 H
Artikulli tjetërPeserta BPJS Kesehatan Wajib Masuk RS Tipe D Dulu Baru RSU Kudungga