Beranda ekonomi PDAM Usul Penambahan IPA

PDAM Usul Penambahan IPA

1011
0
IPA Kabo 
SANGATTA,Suara Kutim.com
Meningkatnya penduduk di Kutim, terutama di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan  membuat  Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kutim harus segera bekerja ekstra untuk bisa memenuhi . permintaan akan air bersih yang diperkirakan meningkat dalam beberapa tahun kedepan.
Direktur Utama PDAM  Tirta Tuah Benua Kutim, Aji Mirni Mawarni, menyebutkan untuk mengantisipasi permintaan yang tinggi , sudah diusulkan penambahan IPA baru yang kelak bisa menghasilkan air bersih berkapasitas 500 liter per detik.  “Kapasitas saat IPA saat ini kan dua ratus empat puluh  liter per detik, masih dibutuhkan IPA baru untuk menghasilkan lima ratus  liter per detik,” terangnya.
Karena masih kurang kapasitas yang dihasilkan PDAM, tercatat 1.000 KK sebagai calon pelanggan belum dilayani. Disisi lain hampir tiap hari PDAM  melakukan penyambungan baru, namun permintaan masuk setiap hari hampir 10 KK. “Usulan penambahan IPA baru sudah diusulkan sejak tahun lalu namun tahun ini belum terealisasi,” ungkap Mawarni.
Meskipun tahun depan belum langsung dibangun IPA kapasitas 260 liter per detik untuk tambahan,  bagi PDAM,  terpenting ada  tambahan IPA   dengan kapasitas 50 liter per detik.   “Diharapkan   dalam beberapa tahun ke depan IPA PDAM sudah mampu menghasilkan air lima ratus  liter per detik,” bebernya.
Sekarang ini, di Sangatta Utara dan sangatta Selatan, PDAM sudah melayani pelanggan sebanyak 10.700 KK. Meski  demikian, PDAM belum bisa melayani kompleks perkantoran Pemkab Kutim di  di Bukit Pelangi yang diperkirakan akan membutuhkan air 20 liter  per detik.  “PDAM masih mendahulukan pelayanan kepada  masyarakat, sedangkan untuk kompleks perkantoran belum bisa karena butuh air yang banyak sehingga sekarang ini masih  mengandalkan sumur bor sebagai sumber air, termasuk untuk warga sekitar Bukit Pelangi,” jelas Mawarni.(SK-02)

Artikulli paraprakPengedar SS Siaga Dengan Pistol
Artikulli tjetërNelayan Teluk Lombok Menanti Bantuan Alat Tangkap