Beranda hukum Pemkab Janjikan Tunggakan Pembebasan Lahan Lunas Tahun 2017

Pemkab Janjikan Tunggakan Pembebasan Lahan Lunas Tahun 2017

1301
0

SANGATTA,Suara Kutim.com (23/6)
Proses validasi kwitansi tagihan pelunasan panjar lahan yang diterima Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, berlanjut. Saat ditemui awak media, Wabup Kasmidi menurutkan saat ini ia masih melakukan proses pemeriksaan dan validasi keabsahan ratusan lembar kwitansi tagihan pelunasan panjar lahan yang disodorkan masyarakat.
Kepada wartawan, ia menyebutkan sedang menunggu advis Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat terkait aturan pembayaran walaupun sudah ada advis dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kaltim yang memperbolehkan dilakukan pembayaran.
“Diperkirakan dalam seminggu ke depan ini ada kejelasan dari BPN Pusat, ini dilakukan sebagai langkah kehati-hatian Pemkab Kutim jangan sampai menimbulkan permasalahan kedepannya jika dilakukan pembayaran,” kata Kasmidi.
Terkait jumlah nilai tagihan dari ratusan kwitansi tersebut, Kasmidi enggan menyebutkan karena proses validasi masih belum selesai. Namun ia mengakui keterangan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) nilai yang ada tersebut sesuai dengan apa yang pernah ditanganinya dulu.
Menurut Kasmidi, kwitansi yang ia terima belum seluruhnya sehingga proses validasi terus dilakukan. Kwitansi tagihan pelunasan panjar lahan ini datang dari pembebasan lahan Bukit Pelangi, Ring Road, Maloy, Kenyamukan dan beberapa proses pembebasan lahan yang telah dikerjakan proyeknya dan waktunya sudah lewat. “Pembayarannya diambilkan dari dana Rp 50 miliar yang memang sudah disiapkan pada tahun anggaran 2016,” sebut Kasmidi.
Diungkapkan, berdasarkan audit BPK Kaltim total hutang Pemkab Kutim yan belum terselesaikan lebih dari Rp 320 Miliar. Sementara Pemkab Kutim tahun ini baru bisa menyelesaikan Rp 50 Miliar, sisanya ditargetkan diselesaikan lebih dari separuh hutang yang ada pada anggaran 2017 mendatang. “Komitmen penyelesaian ini dilakukan pemerintah Kutim agar tiap tahunnya tidak ada lagi permasalahan terkait lahan,” tandas Wabup Kasmidi.(SK2)

Artikulli paraprakFraksi Gerindra Apresiasi Pelaksanaan APBD Tahun 2015
Artikulli tjetërSoal IPA PDAM, Harpandi Janji Perhatikan Usulan Camat Sandaran