Beranda kutim adv pemkab Penataan Tapal Batas Berlanjut, Tergantung Dana

Penataan Tapal Batas Berlanjut, Tergantung Dana

817
0

SANGATTA (26/4-2019)

 Pemkab  Kutai Timur  (Kutim) terus melakukan pembenahan dalam penetapan tapal batas wilayah di  Kutai Timur. Pembenahan tapal batas ini dilakukan bukan hanya batas antar desa, namun juga batas antar kecamatan hingga batas kabupaten.

Suasana rapat masalah tapal batas antardesa di Kutim.

 Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Kutim, Suko Buono menyebutkan  sebagai kabupaten berkembang, Kutim terus melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan layanan kepada masyarakat. “Salah satu upaya untuk memudahkan akses pelayanan pemerintah kepada masyarakat adalah dengan melakukan pemekaran desa. Namun proses pemekaran desa ini tidak semudah yang terlihat,” terang Suko Buono.

Disebutkan, masalah tapal  batas desa pemekaran dengan desa induk ataupun desa lainnya yang bersinggungan langsung dengan wilayah desa pemekaran,  menjadi pemicu konflik antarmasyarakat dan  desa. Ia tak menapik, masalah terjadi karena sumber daya alam yang jika dimekarkan  berpengaruh pada potensi ekonomi masyarakat dan kewilayahan di desa tersebut.

 Mengingat pentingnya  batas wilayah, Pemkab Kutim, terang Suko,   secara bertahap terus melakukan pembenahan terkait batas wilayah yang ada, baik antar desa maupun kecamatan selain itu pembenahan batas wilayah juga dilakukan terhadap antar desa yang berada diperbatasan dua kebupaten.

Meski tidak bisa menargetkan batas waktu penyelesaian penetapan tapal batas wilayah ini, Suko memastikan jika prosesnya berlahan terus bergulir karena tim tapal batas dalam melakukan penetapan tidak hanya berdasarkan pada data adminsitratif namun juga dilakukan pengecekan secara faktual di lapangan. “Tentunya keterdiaan anggaran juga mempengaruhi proses penetapan tapal batas,” sebutnya.(ADV-Humas Setkab Kutim)

Artikulli paraprakWabup Kasmidi Ingin Lom Plai Mendunia
Artikulli tjetërUNHCR Galang Dana Kemanusiaan Lewat DZP