Beranda kutim Pendaftaran Tes CPNS Lewat Internet

Pendaftaran Tes CPNS Lewat Internet

915
0
Suasana Tes CPNS Tahun Lalu
SANGATTA,Suara Kutim.com
            Seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 yang semula dijadwalkan bulan Juni, diundur  ke minggu ketiga dan empat bulan Juli mendatang. Kepada Suara Kutim.com,  Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Herman Suryatman, via telepin menerangkan,  pengunduran penerimaan semata-mata untuk lebih memantapkan pelaksanaan selain itu  Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) masih melakukan penetapan formasi untuk setiap instansi dan daerah. “Rencananya awal Juli, diumumkan formasi tiap masing-masing instansi dan daerah  sedangkan pendaftaran   on line yang dibuka pada minggu ketiga dan keempat bulan Juli,”  beber Herman.
            Menyinggung pelaksanaan seleksi, Herman menegaskan akan  digelar serentak  baik  untuk formasi pusat maupun daerah. Ia menambahkan,  seleksi yang dijadwalkan  Agustus mendatang  menerapkan sistem Computer  Assisted  Test (CAT).  “Untuk pelaksanaan seleksi itu akan dilakukan berbagai tahapan dan perencanaan termasuk menyiapkan lembar jawaban komputer  saat ujian berlangsung,” ungkapnya seraya menambahkan pendaftaran tidak akan menggunakan SKCK, Surat Keterangan Sehat, serta Kartu Kuning.
            Terhadap materi yang diujikan, dijelaskan terdiri tiga kelompok pertama wawasan kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kemudian, kelompok kedua terdiri karateristik pribadi seperti integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi serta orientasi terhadap pelayanan publik. Sementara kelompok ketiga berupa kemampuan verbal, numerik, berpikir logis dan analitis.

            Menyinggung  lowongan yang dibuka, ia menyebutkan ada 100 ribu yakni 60 ribu untuk PNS dan 40 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Selain itu, juga dialokasikan 5 persen untuk pelamar dari berbagai disiplin ilmu. “Selama ini seleksi  CPNS  sangat kaku yakni hanya terpaku pada disiplin ilmu yang ada di ijazah, sesuai semangat reformasi birokrasi ada perubahan dimana lima ribu lowongan bisa diikuti oleh lulusan yang tidak sama dengan ijazah,”  jelasnya.(SK-05)
Artikulli paraprakKPU Sudah Terima Surat Suara Pilpres
Artikulli tjetërKesbangpol Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pilpres