Beranda hukum Penyelesaian Tapal Batas Desa Terus Digarap

Penyelesaian Tapal Batas Desa Terus Digarap

773
0
Suasana rapat masalah tapal batas antardesa di Kutim.

SANGATTA (3/9-2019)

Pemkab  Kutai Timur (Kutim) punya tugas untuk  menyelesaikan 184 segmen batas antar desa yang melibatkan  14 desa.   Kepala Bagian Pemerintahan Setkab Kutim, Joko Suripto saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (3/9) menerangkan, penyelesaian batas desa yang dilakukan Pemkab Kutim ditargetkan  70 persen, sementara progres capaian  melebihi hingga 300 persen karena dari target 15 segmen batas desa yang harus diselesaikan sudah terselesaikan lebih dari 45 segmen batas desa.

Joko Suripto – Kabag Pemerintahan Setkab Kutim

Joko, mengakui  ada beberapa desa di Kutim yang masih bersengketa terkait batas desa diantaranya  di Bengalon antara Desa Keraitan dengan Desa Sepaso Timur, kemudian Desa Tebangan Lembak dengan Desa Tepian Langsat, serta Desa Tepian Indah dengan Desa Tepian Langsat.

Di  Kaubun, terangnya,  antara Desa Mata Air dan Desa Bumi Etam, serta Desa Kadungan Jaya dengan Desa Pengadan Baru. Kemudian di Kecamatan Muara Bengkal, ada sengketa batas desa antara Desa Guna Baru dan Desa Batu Balai, serta di Kecamatan Telen antara Desa Juk Ayak dengan Desa Long Segar.

Disebutkan, secara keseluruhan ada 184 segmen batas desa yang harus diselesaikan Pemkab Kutim. Sementara target  keseluruhan segmen batas desa ini bisa diselesaikan pada tahun 2020 mendatang. “Target penyelesaian batas desa berkat adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 18 tentang Pencabutan Permendagri Bidang Pertanahan yang  menjadi acuan tim penetapan batas desa untuk bekerja. Sebab dalam Permendagri terbaru tersebut diatur jika adanya penetapan batas desa dan kemudian disengketakan, namun dalam waktu 6 bulan sejak penetapan tidak ada pengajuan materi batas wilayah dari pemerintah desa, maka Pemkab berhak langsung menetapkan batas desa secara definitive,” tandasnya.(SK3)

Artikulli paraprakTernyata Ada 7 SK Pemecatan ASN Pemkab Kutim Dibatalkan PTUN
Artikulli tjetërKloter 5 Balikpapan Siap Kembali ke Tanah Air