Beranda ekonomi Perhapi Wajib Kelola SDA Kutim Dengan Baik

Perhapi Wajib Kelola SDA Kutim Dengan Baik

1829
0
R Utoro Ucapan Salam Komando denganKetua Perhapi Kutim
SANGATTA,Suara Kutim.com
Kepala Teknik Tambang (KTT) PT KPC, R Utoro menaruh harapan para ahli pertambangan di Kutai Timur (Kutim) bisa menjadi orang berguna kepada masyarakat dan daerah. Utoro yang jug Chief Operating Officer (COO) pda PT KPC,  mengakui Kutim kaya SDA terutama tambang karenanya ahli-ahli tambang harus bisa memberikan kontribusi yang baik dan nyata kepada daerah.
Harapan itu dikemukan Utoro,  Pelantikan Pengurus Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Kutim, Sabtu (23/8)  lalu. Ia  lebih jauh  mengatakan, Kutim  daerah yang kaya akan sumber daya alam namun jika tidak dibarengi dengan SDM  yang memadai  akan sia-sia.
            KTT terbaik tahun 2012 versi Majalah Tambang itu,  minta  anggota Perhapi terlibat dalam upaya peningkatan SDM di Kutim. Menurut Utoro, pada tahun 2015   AFTA dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) mulai diterapkan dimana implikasinya  perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia  kebanjiran tenaga kerja produktif dari luar negeri.
Selain meminta peran aktif dalam meningkatkan SDM masyarakat, Utoro juga minta anggota Perhapi Kutim yang diketuai Didik Mardiono,  sungguh-sungguh menerapkan konsep dan praktek pertambangan yang baik dan benar.  “Mohon terapkan good mining practice secara sungguh-sungguh, berikan contoh yang  baik kepada yang lain, saya yakin perusahaan selalu mendukung praktek pertambangan yang baik dan benar,” tandasnya.
Sementara Ketua Perhapi Kutim  Didik Mardiono, menerangkan Perhapi Kutim  telah mempersiapkan program kerja dalam rangka menghadapi persaingan bursa tenaga kerja asing pada AFTA dan MEA tahun 2015.
Untuk  internal pelaku pertambangan, tambah Didik, Perhapi terus melakukan sertifikasi profesi pertambangan,diskusi terfokus, seminar, workshop, good mining practice forum dan berbagai program pengembangan kapasitas lainnya.  “Untuk  eksternal, Perhapi bersama komponen lainnya akan mendekati perguruan tinggi dan sekolah-sekolah.,” jelas Didik.

Didik Mardiono sebagai ketua baru  menggantikan Muhammad Baqir,  Didik membentuk pengurus lainnya beranggotakan Seno Syahrin  sebagai Ketua I, kemudian  Harry Christanto (Ketua II) dan Tanzilullah (Ketua III), Husaini dipercaya sebagai sekretaris.(SK-05)
Artikulli paraprakIsran : Nazaruddin Ngawur dan Asbun
Artikulli tjetërPemkab Bentuk Badan Khusus Pengelola Wehea