Beranda KABAR KALTIM Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke 75, Unik

Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke 75, Unik

471
0
Warga masyarakat yang memberikan penghormatan ketika Bendera Merah Putih dinaikan di Istana Negara, ini baru kali pertama terjadi.(Foto Humas Pemprov Kaltim)

SAMARINDA (17/8-2020)

            Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke 75 benar-benar unik dan jauh dari biasanya. Jika selama ini, peringatan yang membanggakan ini digelar khusus dengan peserta banyak namun akibat corona digelar sederhana, kemudian tidak ada kegiatan lainya kecuali upacara dengan peserta terbatas dan singkat.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI ke 75 secara nasional

            Namun suasana menggelorakan semangat juang 45 tetap dilakukan dimana warga masyarakat memasang Bendera Merah Putih, umbul termasuk memasang bendera besar di puncak gunung atau dalam laut.

            Yang tak kalah menariknya yakni penghormatan serentak oleh masyarakat pada pukul 11.17 Wita saat Bendera Merah Putih dikibarkan di Istana Negara. Namun, bagi kepala daerah seperti gubernur, wakil guberbur, bupati dan walikota, tahun ini mengikuti upacara dua kali yakni upacara yang digelat masing-masing daerah kemudian secara virtual mengikuti peringatan secara nasional. “Mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi secara nasional selama ini tidak pernah dilakukan, demikian dengan upacara penurunan Bendera Merah Putih yang digelar nanti sore,” terang Kepala Biro Humas Setda Kaltim, Syafranuddin.

            Gubernur Isran Noor bersama Wagub Hadi Muyadi serta Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto,  Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kajati Kaltim Deden Riki Hayatul Firman dan Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Sutoyo serta Pj Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani setelah mengikuti peringatan di halaman Kantor Gubernur Kaltim, langsung bergeser ke ruang Ruhui Rahayu untuk mengikuti peringatan secara nasional.

Meski secara virtual, perigatan secara nasional yang ditandai dengan pembacaan  naskah proklamasi oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dipimpin Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara, berlangsung khidmat.

Dengan menyaksikan lewat 2 layar televisi, Gubernur bersama undangan lainnya mengikuti serius bahkan tetap hormat saat Bendera Merah Putih mulai dinaikan anggota Paskibraka Nasional, sama dengan sejumlah warga masyarakat yang memberikan penghormatan dengan sikap sempurna seakan-akan berada mengikuti upacara di Istanan Negara.

Sementara itu sejumlah OPD Pemprov Kaltim diantaranya Dinas BPTH, DPRD Kaltim, Dinas Sosial, BPBD, Kesbangpol, Bappeda, Dinas LH dan Badan Kepegawain Daerah dalam waktu bersamaan juga menggelar peringatan yang sama dengan mengikuti secara virtual namun tidak mengurangi khidmatan upacara.(SK8)

Artikulli paraprakPemprov Dukung Gebrak Makser Garapan Tim PKK Kaltim
Artikulli tjetërGubernur dan Pangdam Ingin Tingkatkan Kerjasama