Beranda hukum Permotalan Jalan Umum Berdampak Hukum Terhadap Pelakunya

Permotalan Jalan Umum Berdampak Hukum Terhadap Pelakunya

753
0
Jalan yang diportal Forum Pemuda Pemantau Kebijakan (FP2K)

SANGATTA (10/11-2019)
Forum Pemuda Pemantau Kebijakan (FP2K) yang melakukan pemortalan jalan yang menghubungkan Desa Kelinjau Ulu dengan Kelinjau Ilir Kecamatan Muara Ancalong, diminta menghentikan aksi pemortalan karena menganggu serta keamanan pengguna jalan.
Keterangan yang dihimpun Suara Kutim.com, jika permotalan masih dilakukan, bisa diterjarat hukum dengan tudingan mulai pungutan liar hingga menganggu Kamtibmas. “Sikap aparat keamanan itu dilakukan setelah menggelar rapat koordinasi dengan pihak kecamatan serta FP2K yang dipimpin Asia Muhidin,” terang sumber media in seraya menyebutkan rapat digelar di Kapolsek Muara Ancalong AKP Yusuf.
Dalam rapat yang dihadiri Humaidi dari Kecamatan Muara Ancalong, serta Danramil Muara Ancalong Kapten Inf Ahmad Zaidi, pihak FP2K yang dipimpin mantan Kades Kelinjau Ilir, menyebutkan lahan sepanjang 200 M belum pernah diganti rugi.
Karena sudah menjadi jalan umum serta kerap dilewati kendaraan perusahaan, pihak FP2K menyebutkan pihak ahli waris tanah, meminta kompensasi yakni memungut Rp50 ribu bagi kendaraan non perusahaan dan Rp300 ribu kendaraan perusahaan.
“Pemortalan jalan umum berbahaya bagi pengendara, apapun alasannya terlebih di sebuah jalan yang merupakan jalan umum. Karenanya tuntutan terhadap lahan yang kini menjadi jalan umum yang sebelunya usulan masyarakat, sebaiknya dihentikan. Sementara tuntutan ganti rugi lahan disampaikan kepada Pemkab Kutim melalui saluran yang ada yakni Kepala Desa dan Camat serta Dinas terkat,” kata Kapolesk AKP Yusuf seraya menambahkan jika tetap dilakukan berdampak hukum terhadap pelakunya.
Meski diingatkan berbahaya bagi pengendara dan berdampak hukum, Asia Muhidin yang juga sebagai ahli waris pemilik tanah, meminta pada pertemuan lanjutan, dihadirkan perusahaan yang kendaraanya kerap melintasi jalan yang dibangun Pemkab Kutim ini.(SK11)

Artikulli paraprakPeringatan Hari Pahlawan Gelorakan Semangat Cinta Tanah Air
Artikulli tjetërKPU Terus Lakukan Validasi Data Pemilih, Sayangya Peran Masyarakat Rendah